Cafe yang nyaman penting bagi penikmat kopi. Sumber: unsplash.com

Strategi Bisnis Cafe Kekinian; Pebisnis Muda Wajib Tau

Istilah “ngafe yuk” atau “ngopi-ngopi cantik” menjadi populer di beberapa tahun belakangan ini khususnya di kalangan kaula muda. Bisa dibilang budaya orang Indonesia yang gemar berkumpul, bercanda gurau serta nugas di warung kopi berpindah ke cafe atau coffee shop. Utamanya para mahasiswa/mahasiswi. Itulah mengapa, pemahaman terkait dengan strategi bisnis Cafe kekinian menjadi sangat penting.

Dibidik dari kacamata pelaku usaha, ini adalah momentum menangkap peluang, menghimpun cuan. Pasalnya, bisnis cafe menyasar pasar dengan rentang usia yang cukup luas dan bervariatif. Mulai dari anak sekolahan sampai dengan lansia bisa menjadi pasar representatif.

Klasifikasi lain bisa dari kalangan introvert yang butuh pojokan me-time, pekerja milenial yang hobi buka laptop sambil menyesap cappucino, ibu-ibu arisan yang rumpi-rumpi dibalut kata ‘ngopi cantik’, anak sekolah yang merasa keren minum americano ala drama Korea, bahkan keluarga kecil yang ingin merekatkan bonding sambil makan bersama di cafe. Coffee shop biasanya menyajikan suguhan-suguhan berbasis kopi sebagai primadonanya.

Umumnya, coffee shop diampuh oleh barista yang handal dan memahami seluk-beluk kopi. Tak hanya piawai meracik kopi enak, ia juga memiliki pengetahuan luas dan bisa mengedukasi konsumen mengenai kopi.Sedangkan cafe tentu lebih luas. Menyajikan menu yang lebih beragam. Mulai dari kopi, kudapan, sampai makanan berat.

Begini Strategi Bisnis Coffee Kekinian yang Efektif

Beberapa coffee shop juga ada yang melengkapi layanannya dengan camilan ringan yang cocok disantap bersama kopi. Namun itu semua melainkan tidak lepas dari beberapa strategi menjalani bisnis coffee kekinian diantaranya sebagai berikut;

1. Membuat Konsep Coffee yang Unik, Menarik dan Fotogenik

Di tengah persaingaKn yang ketat, memiliki cafe yang biasa-biasa saja tidak cukup. Seperti yang diketahui bahwa sebagian orang berkunjung ke cafe tidak hanya untuk menikmati makan dan minum tetapi juga memenuhi kebutuhan gaya hidup serta suasana nyaman yang mereka cari.

Cafe yang nyaman penting bagi penikmat kopi. Sumber: unsplash.com
Cafe yang nyaman penting bagi penikmat kopi. Sumber: unsplash.com

Oleh karena itu, cafe harus memiliki konsep yang unik berbeda dengan yang lainnya. Dimana pengunjung dapat menikmati eksterior dan interior cafe serta pemandangan sekitar seperti

di alam terbuka dengan perhiasan lampus hias serta pernak pernik lain memperindah Suasana serta memberikan kesan nyaman. Jadi buatlah konsep yang unik untuk cafe Anda, mulai dari nama, konsep interior dan eksterior cafe yang instagramable atau menarik dan mudah untuk berfoto bagi pengunjung.

Contohnya, Anda dapat menerapkan konsep cartoon tertentu, gaya klasik, suasana vintage, gaya italia, gaya tradisional atau konsep apapun yang menarik perhatian pengunjung.

Dengan memberikan kesan nyaman serta sesuai dengan harapan pengunjung maka, pengunjung yang berkesan tersebut atau memiliki pengalaman dalam cafe anda tentu akan merekomendasikan kepada teman, tetangga atau keluarganya bahkan mungkin bisa sampai ke kolega bisnisnya.

2. Membuat Menu serta Cita Rasa yang Unik, Khass dan Tentunya Enak

Anda juga perlu memperhatikan menu serta cita rasa makanan yang anda tawarkan dalam cafe. Dengan makanan memiliki cita rasa yang enak serta memiliki ciri khas maka dipastikan pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk datang ke cafe anda secara terus menerus melainkan dapat merekomendasikan kepada kerabat, sahabat, keluarga, maupun kolega bisnisnya.

Desain menu yang unik dan menarik. Sumber: unsplash.com
Desain menu yang unik dan menarik. Sumber: unsplash.com

Selain cita rasa, menu makanan yang disajikan sebaiknya juga unik. Menu dan citarasa yang unik, memiliki ciri khas ini secara alami akan menjadi strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee shop yang efektif dalam bentuk word of mouth. Menu yang unik dengan cita rasa khas cafe anda akan membuat orang memudah mengingat cafe anda.

Untuk membuat menu yang unik tidak terlalu susah bukan? anda dapat mengadopsi menu makanan dan minuman dari luar negeri lalu memodifikasi dan menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Jangan ketinggalan Pastikan juga pelayanan dan penyajiannya yang bagus dan memuaskan.

3. Manfaatkan Social Media sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Cafe Kekinian

Target pasar atau calon pengunjung cafe sebagian besar adalah anak usia muda atau orang kelas menengah ke atas yang notaben mereka menggunakan media sosial serta sangat akrab dengan hal tersebut.

Sebagai pemilik bisnis cafe, anda dapat memanfaatkan kesempatan maupun peluang tersebut untuk memasarkan bisnis dan menarik mereka datang ke cafe anda dengan membuat akun social media cafe anda seperti di Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Maksimalkan media sosial untuk pemasaran. Sumber: unsplash.com
Maksimalkan media sosial untuk pemasaran. Sumber: unsplash.com

Dan cobalah posting menu makanan atau minuman yang anda miliki dengan foto yang menarik dan membuat orang ingin mencobanya. Karena sosial media ini adalah salah satu contoh penerapan strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee shop yang sangat efektif dan murah.

Selain sosial media, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan website sebagai penunjang brand cafe Anda. Tentu saja penting untuk terlebih dahulu menemukan jasa SEO berganasi. Setidaknya untuk telebih dahulu berkonsultasi seputar dunia wbsite dan SEO.

4. Berikan Tawaran & Fasilitas yang Menarik Lewat Promo dan Diskon

Cafe merupakan tempat makan, tetapi ia berbeda dengan warung makan umum seperti warteg, sehingga diperlukan sebuah tawaran atau fasilitas yang sangat menarik agar banyak pengunjung yang datang. Tawaran atau fasilitas yang dapat anda berikan seperti kartu member, promo diskon, wifi, atau mengadakan kegiatan atau kontes mengenai cafe Anda dengan memberikan reward, dan program-program lainnya.

Itulah beberapa strategi pemasaran bisnis cafe yang dapat Anda terapkan. Setelah mengetahuinya, sekarang waktunya Anda untuk menerapkannya sehingga bisnis cafe Anda tidak sekedar mampu bertahan, taapi juga mampu untuk terus berkembang dan semaakin dikenal banyak orang.

Jangan lupa untuk simak juga informasi menarik lainnya di web yang sama. Share dan nantikan ulasan berikutnya. Sekian dan terima kasih. Seoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan