Press Release Marketing Strategy. sumber : Unsplash.com

Merajai Pasar Dengan Press Release Perusahaan

Bagi sebagian dari kita, kata press release sudahlah tidak asing. namun sebenarnya press release itu apa sih? hubungannya dengan pemasaran seperti apa? Bagi perusahaan-perusahaan besar, press release menjadi salah satu marketing strategy untuk mengedukasi masyarakat atau pasar mengenai produk mereka melalui media, baik itu media televisi, media suara (bisa radio, siniar, dsb), media cetak, dan tentu saja media digital. Hal ini sangat penting bagi trend kesuksesan sebuah usaha mengingat poin utama dari tujuan dibuatnya press release ialah awareness pasar mengenai produk mereka.

Namun tidak jarang, perusahaan, bahkanpun perusahaan besar gagal ketika mengambil langkah dalam press release ini, akhirnya berujung pada kerugian dana yang keluar untuk press release dengan feedback income yang didapatkan. Makanya kadangkala perusahaan melimpahkan tugas press release kepada pihak ketiga jasa press release atau membikin divisi sendiri untuk itu.

Umumnya, press release dilakukan oleh perusahaan ketika terdapat event yang berkaitan dengan mereka, walau terkadang juga tidak ada kaitannya. Hal seperti itu terjadi ketika event yang sedang dihelat merupakan event besar seperti konser artis ternama, ulang tahun stasiun televisi, dan sebagainya. Oleh karena press release merupakan kegiatan penyampaian sebuah produk, penyampaian press release yang baik adalah dengan penyampaian yang smooth dan enak disimak (atau dibaca).

Press Release Marketing Strategy. sumber : Unsplash.com
Press Release Marketing Strategy. sumber : Unsplash.com

Jika anda pernah mendengar atau ikut trend twitter yang membahas terkait lowongan pekerjaan yang ternyata hanya digunakan sebagai promosi perusahaan sedangkan pekerjaan yang ditawarkan didalamnya sebenarnya sudah terisi bisa dikatakan fenomena ini merupakan trik perusahaan dalam pemasaran press release. Sebab secara tidak sadar, masayarakat (apalagi kalangan job hunter) membaca profil perusahaan dan produk mereka apa saja. Namun tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan contoh press release yang baik yang layak ditiru.

Press Release bisa menjadi jawaban bagi perusahaan kecil yang bingung mengenalkan produk mereka kepasaran. Walau kebanyakan perusahaan besar menggunakan pihak ketiga dalam menangani press release, membuat press release sendiri sebenarnya bukanlah hal yang susah. Mengetahui kriteria yang baik dari sebuah press release bisa jadi langkah awal yang sempurna untuk itu.

Identifikasia Press Release Yang Baik Dengan Kriteria Berikut

Hal pertama yang harus dipahami ketika hendak menyampaikan perusahaan menggunakan press release adalah memahami pola pikir media saat menentukan berita. Maka dari itu, memahami seperti apa press release yang baik merupakan hal yang urgen.

Relate Dengan Pembaca

Setiap media memiliki audiensnya sendiri sesuai dengan bidang mereka. Sehingga misal ketika sedang membahas A, orang cenderung merujuk kepada media O. atau ketika ada suatu B yang sedang heboh, orang suka dengan media P dalam menjelaskan terkait itu. sebagai perusahaan yang hendak memberikan press release, kirimkan siaran pers pada media yang fokus bidangnya sama supaya lebih sesuai ketika diangkat (menjadi artikel, iklan, dsb)

walau pada faktanya perusahaan mengirim press release ke banyak media tanpa melihat relevansi antara perusahaan dengan media terkait. Cara seperti ini sudah lumrah dan boleh saja digunakan. Namun sebagai sebuah penghormatan dan menarik atensi pihak media dengan sopan santun anda, kirimkan press release secara personal dan tidak template.

Nilai Produk Bagi Audiens

Tentu saja tujuan dari press release adalah pengenalan perusahaan beserta produk, namun press release yang pure iklan tentu saja sangat membosankan dan tidak menarik. Hal ini sangat tidak diharapkan meskipun anda ingin semua orang tahu bahwa jualan anda ini adalah apa yang dibutuhkan masyarakat dunia selama ini.

Ubah haluan press release anda dari yang awalnya ingin mengenalkan perusahaan dan produk, kepada apa yang orang akan dapat dari produk anda, apa yang orang bisa rasakan dengan produk anda, kenapa produk anda harus dibeli, dan mengapa produk anda ini ada dan dijual. Menekankan press release kepada nilai yang ditawarkan, biasa juga disebut dengan Brand essence.

Gunakan Pernyataan Langsung Pihak Ketiga

Influencer Review Produk. Sumber : Unsplash.com
Influencer Review Produk. Sumber : Unsplash.com

Sebenarnya menggunakan pernyataan (review) langsung dari pihak ketiga merupakan opsi yang bisa diambil atau tidak. Namun bayangkan saja ketika pernyataan langsung itu keluar dari orang ternama, tentu saja nilai press release dimata masyarakat ikut meningkat, apalagi bagi pengikut influencer tersebut.

Benefit Press Release

Jika anda masih ragu dengan apa saja benefit yang bakal didapat saat menerapkan press release dalam strategi pemasaran, semoga poin ini bisa menjawab keraguan tersebut.

1. More Effective

Bisa dibilang, konten promosi yang berkualitas di platform manapun akan mudah dikerjakan ketika perusahaan menerapkan press release dalam langkah awal pemasaran. Hal ini tentu saja merupakan efektifitas yang luarbiasa yang akan diperoleh. Ketika penyesuaian pasar dengan konten press release sudah bagus, niscaya kedepannya akan sangat mudah dan efektif bagi perusahaan dalam pemasaran.

2. Memperkenalkan Produk

Didunia dengan arus informasi yang begitu cepat seperti saat ini, sebenarnya mudah bagi sebuah perusahaan untuk menyampaikan produk kepada masyarakat. Hanya saja penyampaiannya seperti apa-lah yang menjadi problem. Nah, press release mampu membantu Anda mengenalkan produk ataupun jasa Anda, termasuk dalam promosi online.

3. Press Release Aman Dikocek

Rasa-rasanya strategi pemasaran offline sudah terasa lawas dan merogoh dana yang lumayan banyak. Didunia yang modern ini, sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan dalam memasarkan produk secara online. Sebagai seorang pengusaha yang bijak, tentu saja cara pemasaran yang paling menguntungkan dengan biaya yang minim menjadi pilihan pertama. Tentu saja itu ada pada press release.

Ya walau tidak bisa dikatakan press release akan sangat menguntungkan, setidaknya ia tidak menyedot banyak kocek. Anda hany perlu pintar dalam memanfaatkan internet.

4. Menyesuaikan Selera Pasar

Luasnya Pasar. Sumber : Unsplash.com
Luasnya Pasar. Sumber : Unsplash.com

Hasil penyebaran press release akan memberikan feedback dari pelanggan yang sudah bersinggungan dengan produk anda. Press release mempermudah anda untuk mengetahui selera konsumen. Memahami perkembangan selera pasar yang terus berubah tentu sangatlah penting, dan dengan teknik pemasaran press release ini anda akan mendapatkannya.

Kuasai Pasar Dengan Press Release!

Press release atau siaran press tidak bisa diremehkan. Jika melihat dari trend internet marketing modern yang lebih condong menggunakan ads, promote influencer, memaksimalkan media sosial, atau bahkan live di tiktok, semua itu tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan press release, karena tujuan utamanya berbeda, bisa dari produk yang dijual atau audiens yang hendak dituju.

Semoga penjelasan terkait press release pada artikel ini tergambarkan secara utuh dan bisa jadi acuan bagi anda dalam pembuatan press release untuk perusahaan.[]

Leave a Reply