produsen-pupuk-hayati-bioneensis

8 Rekomendasi Produsen Pupuk Hayati yang Berkualitas

Pengertian pupuk hayati adalah pupuk yang mengandung mikroorganisme hidup yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Mikroorganisme ini ini mampu menyediakan unsur hara untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kualitas tanaman melalui peningkatan aktivitas biologi yang berinteraksi dengan sifat-sifat fisik dan kimia tanah.

Jadi pupuk hayati dapat didefinisikan sebagai inokulan berbahan aktif organisme hidup yang bekerja untuk menambah hara tertentu atau menyediakan hara di dalam tanah bagi tanaman.

Untuk tersedianya hara pada tanaman ini dapat berlangsung melalui peningkatan akses tanaman terhadap hara misalnya oleh cendawan mikoriza arbuskula, pelarutan oleh mikroba pelarut fosfor, maupun perombakan oleh fungi, aktinomiset atau cacing tanah. Dalam penyediaan hara ini dapat berlangsung melalui hubungan simbiosis atau non simbiosis. 

Rekomendasi Perusahaan Pupuk Hayati di Indonesia

Ketika menanam sebuah tanaman sangat diperlukanlah pupuk hayati untuk berlangsungnya pertumbuhan tanaman tersebut. Karena pupuk hayati ini dapat berfungsi sebagai kesuburan dan kesehatan tanah serta untuk meningkatkan efisiensi pemupukan.

Untuk itu anda harus memenuhi kebutuhan tanaman dengan menggunakan pupuk hayati yang berkualitas. Nah, berikut ini rekomendasi produsen pupuk hayati yang harus anda beli dan perlu dicoba, diantaranya:

1. PT. MENTARI NIAGA UTAMA

PT. Mentari Niaga Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar yang melayani penjualan dan sebagai produsen pupuk hayati dan pupuk bioneensis. Selain itu perusahaan ini juga menyediakan penjualan daging impor. PT. Mentari Niaga Utama merupakan anak usaha dari Dana Pensiun Syariah Muhammadiyah dan berdiri sejak tahun 2018 yang lalu.

Produsen pupuk hayati, sumber: www.mentariniaga.com
Produsen pupuk hayati, sumber: www.mentariniaga.com

Perusahaan ini dapat memasarkan daging impor dari USA, Australia, dan Eropa dengan Brand Mentari Beef serta produk lainnya seperti daging ayam dan seafood. Segmen pasar daging impor mulai dari distributor, hotel, restoran, catering, perdagangan, dan pabrik olahan daging. Untuk produk pupuk hayati, perusahaan ini menjual pupuk hayati Bioneensis.

Pupuk ini mengandung konsorsium mikroba yang bermanfaat dan diisolasi dari pekarangan kelapa sawit. Pupuk hayati Bioneensis juga memiliki daya adaptasi dan asosiasi yang tinggi pada berbagai macam komoditas seperti tanaman, perkebunan, sayuran, dan hortikultura.

2. PT. Pramudita Darya Parma

Inovasi produk ditawarkan oleh perusahaan ini dalam pengembangan sektor pertanian. Perusahaan yang memproduksi pupuk hayati cair ini memberikan solusi agar tanaman cepat tumbuh dan berbuah. Untuk itu perusahaan ini dapat menghasilkan produk pupuk organik hayati dinosaurus.

Pupuk organik dinosaurus ini mengandung mikroba alami yang dapat menyuburkan tanah, mengurai unsur hara, mengikat nitrogen, melindungi tanaman dari penyakit, dan meningkatkan daya tanah tanaman.

3. PT. Centra Biotech Indonesia

Perusahaan yang merupakan pabrik yang dapat mengembangkan produk bioteknologi ramah lingkungan di bidang pertanian. Produk yang ditawarkan perusahaan ini ada pupuk hayati Trico-Z yang merupakan agensi hayati yang berisi jamur Trichoderma harzianum dan diperkaya dengan beberapa mikroorganisme lainnya yang dapat menguntungkan. Tidak hanya produk itu saja, perusahaan ini juga menawarkan  pestisida hayati, probiotik ternak, dan penguraian limbah.

4. PT. Petrokimia Gresik

PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan produsen pupuk yang ada di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia sebagai solusi agroindustri. Produk pupuk ini dipromosikan dengan menggunakan jasa landing page dan produk yang ditawarkan seperti Petro Biofertil.

 Produk pupuk hayati, sumber: petrokimia-gresik.com
Produk pupuk hayati, sumber: petrokimia-gresik.com

Pupuk Petro Biofertil merupakan pupuk hayati (biofertilizer) yang dapat meningkatan kesuburan biologis pada tanah untuk semua jenis tanah dan tanaman. Serta pupuk hayati ini ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi pertumbuhan tanaman. 

5. PT. Bio Konversi Indonesia

Perusahaan ini berada di Bekasi, Jawa Barat dan berdiri diatas lahan seluas 11.000 m2. Selain di Bekasi perusahaan ini juga akan mendirikan tempat produksi pupuk hayati di berbagai wilayah Indonesia, seperti yang ada di Sumatera Utara, Batam, dan NTB.

Produk pupuk yang dihasilkan yaitu pupuk hayati Biokonveksi. Pupuk hayati ini diproduksi secara organik tanpa proses maupun campuran bahan kimia dan nantinya akan dapat menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah dan tumbuhan secara natural bahkan juga baik untuk pertumbuhan tanaman pada pekarangan taman anda.

6. PT. Energi Agro Nusantara

PT. Energi Agro Nusantara merupakan anak perusahaan dari PT. Pekanbaru Nusantara X yang berada di wilayah Mojokerto. Perusahaan ini memproduksi pupuk hayati cair berbahan baku vinasse hasil samping produksi pabrik bioetanol.

Jadi pengolahannya pupuk ini dari molases (tetes tebu) menjadi etanol dan kemudian hasil samping etanol menjadi pupuk cair hayati. Dan pupuk ini terdaftar dengan nama pupuk enero. Pupuk enero ini mengandung mikroba fungsional yang berguna untuk tanaman dan tanah

7. PT. Indo Acidatama Tbk

Perusahaan yang bergerak di multinasional yang memproduksi kimia dan bermarkas di Jakarta. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam bahan kimia. Namun, perusahaan ini juga dapat memproduksi pupuk organik plus dan pupuk hayati dengan merk POMI dan BEKA serta produk organik lainnya.

Proses produksi pupuk hayati, sumber: www.mentariniaga.com
Proses produksi pupuk hayati, sumber: www.mentariniaga.com

Produk-produk tersebut diproduksi melalui proses Bioteknologi serta bahan-bahan organik dengan menggabungkan Ilmu Teknologi Pertanian dan Mikrobiologi Tanah sebagai kebutuhan pertanian.

8. PT. Bio Industri Nusantara

Perusahaan ini bergerak dibidang industri, perdagangan, dan konsultasi teknis sektor pertanian serta perkebunan. Perusahaan yang merupakan konsorsium dari PT. Perkebunan Nusantara dan didirikan di Jakarta pada tahun 1999.

Untuk produk utamanya yang dihasilkan perusahaan ini adalah pupuk hayati, pupuk organik, biopestisida, dan bioaktivator. Perusahaan ini juga melakukan kegiatan-kegiatan sebagai jasa konsultasi terkait sektor pertanian dan perkebunan. 

Demikian beberapa rekomendasi perusahaan sebagai produsen pupuk hayati yang berkualitas. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply