pemandangan kota Jogja

Harga Tanah dan Properti Di Jogja yang Kian Meningkat

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan Jogja adalah kota pelajar sekaligus sebagai kota parawisata dengan banyak destinasi wisata yang ditawarkan. Dengan perkembangan zaman yang terus mengalami banyak kemajuan dalam berbagai bidang membuat Jogja mengalami banyak perubahan.

Perubahan tersebut dapat terlihat dengan mulai banyaknya aktivitas binis, UKM, pendidikan, wisata, dan aktivitas lainnya yang mendorong banyak perubahan dari kota Jogja mulai dari infrastruktur kota sampai dengan mobilitas masyarakat di Jogja yang sudah mengalami perubahan dimana, semua aktivitas mulai mudah dilakukan.

Dengan banyaknya berbagai jenis aktivitas tentunya, membuat kota Jogja harus mengikuti dengan perubahan zaman yang semakin cepat dan tak terbendung akan banyaknya perubahan dengan cara yang benar dan tepat agar tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi.

Karena dengan mengikuti dari perkembangan zaman tentunya membuat kota Jogja mengalami banyak kemajuan dan juga perubahan dari tata letak dan kelola wilayah menjadi lebih baik. Disamping itu juga mempengeruhi harga tanah dan juga property di kota Jogja, sehingga harganya bisa mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Topik pembahasan mengenai mahalnya tanah dan properti di Jogja bisa menjadi topik seminar yang menarik untuk  dibahas secara lebih mendalam bersama orang-orang yang ahli dibidangnya. Agar informasi yang didapatkan bisa lebih akurat mengenai pembahasan tersebut yang menjadi suatu pertanyaan besar bagi mereka yang ingin membeli tanah atau properti di kota Jogja.  

Penyebab Mahalnya Harga Tanah dan Properti Di Jogja

ilustrasi harga tanah yang meningkat
Ilustrasi harga tanah dan properti yang meningkat, sumber: megapolitan.kompas.com/

Mahalnya harga tanah dan property di Jogja dipengaruhi dengan banyaknya permintaan, bentuk dari permintaan tersebut salah satunya disebabkan dari beragam jenis aktivitas di kota Jogja yang menyebabkan permintaan terhadap tanah dan juga properti mengalami meningkat dan mempengaruhi harganya.

Hal Itu merupakan salah satu penyebab dari mahalnya tanah dan properti di kota Jogja, maka tak heran banyak orang yang kaget ketika mencari tanah atau properti di kota Jogja baik itu nantinya dijadikan sebagai hunian tempat tinggal atau sebagai tempat usaha, dikarenakan harganya yang lumayan tinggi.

Baca juga: Taman minimalis sederhana yang menarik

Hal lainnya yang menyebabkan mahalnya harga tanah dan property di Jogja adalah kawasan dan wilayahnya terletak di tempat yang strategis baik dari segi mobilitas, luas lahan, hingga, kondisi perekonomian di wilyah tersebut. Ini juga merupakan aspek utama yang menyebabkan mahalnya harga tanah dan properti di kota Jogja, jadi jangan heran ketika melihat atau mendengar harga yang cukup mahal dan terkadang  tanah dan property tidak sesuai dengan harga yang diberikan.

Kota Jogja juga masuk dalam peringkat ke tiga tanah dan properti dengan harga yang cukup tinggi atau mahal. Peringkat pertama di tempati oleh DKI Jakarta dan peringkat kedua ditempati oleh Bali, sebenarnya hal ini bukan menjadi bahan perbincangan yang baru dimana, diketahui bersama bahwa ketiga kota tersebut merupakan kota yang mengalami pertumbuhan industri yang sangat pesat dari kota-kota lainnya di Indonesia. Jadi tak mengherankan jika kota tersebut termasuk Jogja mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat signifikan.

Dengan semakin meningkatnya industri dan banyaknya jenis aktivitas di Jogja salah satunya aktivitas detinasi wisata membuat lahan atau tanah di kota Jogja setiap tahunnya menjadi berkurang dan kekurangan lahan tersebut digantingkan dengan berdirinya gedung perhotelan atau perumahan seperti rumah subsidi serang yang diperuntukkan untuk hunian atau tempat tinggal.

Walaupun harga tanah dan properti yang terlampau tinggi atau mahal tetap saja masih dibeli dan dijadikan sebagai hunian tempat tinggal atau sebagai tempat usaha. Alasannya karena kota Jogja dan sekitarnya merupakan kawasan yang sangat menarik dan menjadi pilihan favorit dengan kesan wilayahnya yang memiliki suasana nyaman dengan didukung oleh usia harapan hidup yang tinggi dan menjanjikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah atau Properti

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah atau Properti
Merencanakan sebelum membeli tanah atau properti, sumber: propertinews.id/

Sebleum membeli tanah atau properti tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pemilihan tanah atau properti sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, sehingga ketika sudah dibeli tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengalami perubahan pikiran ketika sudah dibeli yang disebabkan kurang teliti sebelum membeli tanah atau properti.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah dan properti agar tak salah pilih.

Hal yang harus diperhatikan sebelum Membeli Tanah

  1. Cek kondisi tanah, terlebih dahulu yang khendak dibeli baik kontur tanahnya maupun potensi tanahnya, yang diperiksa adalah lokasi di daerah tersebut apakah memiliki potensi tanah bergerak atau tidak. Hal tersebut bertujuan agar aman dibangun rumah diatasnya.
  2. Pemeriksaan surat tanah, hal ini pelu dilakukan untuk memastikan bahwa tanah yang khendak dibeli memiliki kelengkpan surat yang masih absah dan usahakan serifikat tanah tersebut atas nama penjual tanah itu sendiri agar mudah dalam proses pemindahan tangan.
  3. Pemiraksaan oleh PPAT (Penjabat Pembuat Akta Tanah), menggunakan jasa PPAT untuk memeriksa keaslian dari sertifikat pemilik tanah yang khendak dibeli, PPAT akan memeriksa keaslian sertifikat tanah ke BPN (Badan Pertahanan Nasional). Tujuan dari hal ini adalah untuk memastikan sertifikat itu asli atau tidak, sedang dijaminkan atau tidak, atau mungkin dalam sengketa.
  4. Pembuatan AJB oleh PPAT, hal ini dilakukan jika tanah yang khendak dibeli sudah deal untuk dibeli, penggunaan jasa PPAT bertujuan agar mudah dalam pengurusan pemindahan tangan sertifikat atau proses pembalikan nama dan yang lainnya. Semua administrasi tersebut diurus di BPN oleh PPAT, sehingga Anda tidak perlu repot untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Rekomendasi kitchen set Jogja

Hal yang harus diperhatikan sebelum Membeli Properti

  1. Memperhatikan kebutuhan, jika Anda sudah memiliki keluarga tentunya harus meilhat rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan keluarga baik untuk kebutuhan sekarang dan yang akan mendatang, hal ini juga bisa juga dilakukan bagi Anda yang belum memiliki keluarga untuk bisa menjadi acuan ketika memiliki keluarga.
  2. Lokasi dan akses rumah, tentunya menjadi sebuah pertimbangan untuk medukung mobilitas dari aktivitas sehari-hari. Dengan rumah yang memiliki area yang strategis akan membantu Anda dalam menjangkau semua lebih mudah.
  3. Lingkungan sekitar perumahan, hal ini perlu menjadi perhatian bagi Anda sebelum membeli rumah, amati lingungkan area rumah yang khendak dibeli apakah lingkunganny aman dari bajir, tindakan krimal, dan hal buruk lainnya. hal ini bertujuan agar kenyamanan dan keamanan tetap terjaga.
  4. Fasilitas sekitar rumah, mengetahui fasilitas yang terdapat di area rumah yang khendak dijadikan hunian tentunya bisa Anda amaniti terlebih dahulu apakah fasilitas penunjang yang sangat dibutuhkan bisa Anda jangkau dengan mudah atau tidak seperti mesin ATM, Supermarket, Pasar, dan fasilitas umum lainnya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika sudah menempati rumah tersebut.
  5. Harga yang sepadan dengan skema pembayaran yang tepat, carilah rumah yang memiliki harga yang sesuai dengan keuangan dan skema pembayaran yang tepat. Jika sudah menemui rumah yang sesuai maka, skema pembayaran harus Anda perhatikan dan perhitungkan agar tidak mengalami pengeluaran yang terlalu besar akibat skema pembayaran yang kurang tepat.

Cara Mendapatkan Tanah atau Properti Dengan Harga Terjangkau

Cara Mendapatkan Tanah atau Properti Dengan Harga Terjangkau
Harga yang sesuai memudahkan dalam proses pembelian tanah atau properti, sumber: properti.kompas.com/

Berikut ini cara mendapatkan tanah atau properti dengan harga yang terjangkau diantaranya:

  1. Mencari lokasi tanah atau properti yang agak jauh dari kota, karena area perkotaan merupakan tempat yang sangat strategis, sehingga harga tanah dan peroperti yang masuk dalam area tersebut harganya masih sangat mahal.
  2. Beli tanah atau rumah over kredit, dimana pemiliki awalnya sudah tidak sanggup lagi untuk melakukan pembayaran cicilan. Biasanya harga tanah atau rumah seperti itu jauh lebih murah karena hanya membayar sisa cicilan dan biaya utuk mengganti DP.
  3. Pilih tanah atau rumah yang perdana dipasarkan, biasanya dari pihak developer properti akan memberikan harga tanah atau rumah dengan harga yang masih lebih murah dibandingkan dengan rumah yang sudah berbulan-bulan.
  4. Mencari tanah atau rumah subsidi pemerintah, dimana harga yang ditawarkan sesuai tergolong lebih murah, karena tujuan dari subsidi pemerintah adalah untuk membantu karyawan atau pekerja yang memiliki penghasilan rendah agar dapat membeli tanah atau rumah.
  5. Mencari developer yang memberi penawaran promo, banyak dari developer propaerti atau tanah yang menawarkan harga penawaran atau diskon pada saat tertentu, seperti pada saat pertama melakukan pemasaran dan sudah hampir habis atau sold out.
  6. Memperbanyak referensi, mengenai informasi tanah dan properti karena dengan banyaknya informasi yang diketahui akan mempermudah dalam pencarian tanah atau properti yang khendak dibeli sehingga, sesuai dengan keinginan dan kondisi keuangan.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bisa menjadi informasi tambahan dan bermanfaat bagi Anda yang sedang  mencari tanah atau properti di kota Jogja dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply