Jalan Setapak, sumber : BenniSobekti.com

5 Ide Taman Minimalis Sederhana yang Menarik

Taman minimalis merupakan salah satu cara yang digunakan seseorang untuk menciptakan suasana asri dan bagus pada suatu tempat. Taman minimalis memiliki beberapa keunggulan dari taman biasanya. Taman minimalis sendiri memiliki desain yang sangat simpel. Walaupun begitu, faktor ini tidak mengurangi keindahan dan daya tarik taman minimalis sederhana.

Untuk membuat sebuah taman minimalis kita tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan kita dapat membuatnya pada halaman rumah, pekarangan rumah dan sebuah lahan yang tidak dipaka. Hal inilah yang menjadikan konsep taman ini menjadi salah satu konsep taman yang digemari oleh masyarakat umum. Karena memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, perlu dicari tanaman dan dekorasi yang cocok didalamnya.

Salah satu keunggulan konsep ini adalah harga yang sangat terkangkau. Dengan ukuran lahan yang mini, membuat isi taman ini lebih sedikit bila dibandingkan konsep taman-taman pada umumnya. Dengan begitu kita bisa memiliki taman idaman tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Ide Taman Minimalis

Setelah mengetahui berbagai ciri khas dan kelebihan dari taman minimalis, belum tentu setiap orang dapat langsung memahami desain taman minimalis yang cocok untuk rumahnya. Karena merancang taman memang membutuhkan skill dan pengalaman khusus. Untuk memudahkan Anda, terdapat jasa taman Jogja yang dapat memberikan Anda rekomendasi taman minimalis sederhana yang cocok untuk tempat yang Anda inginkan.

Taman Minimalis, sumber : Liputan6.com
Taman Minimalis, sumber : Liputan6.com

Meskipun begitu, kenalilah beberapa konsep atau ide taman minimalis yang mungkin nantinya bisa menjadi pilihan untuk tempat yang Anda inginkan. Berikut beberapa ide taman minimalis yang bisa Anda pilih.

1. Jalan Setapak

Salah satu ide taman minimalis yang direkomendasikan adalah jalan setapak. Anda bisa membuat jalan setapak pada lahan kosong di depan rumah atau bahkan di samping rumah Anda. Jalan setapak ini akan dihiasi oleh rerumputan yang halus serta berbagai tanaman di sekitarnya yang memiliki bunga berwarna-warni.

2. Taman Anggrek

Taman Anggrek adalah salah satu desain taman yang sangat fleksibel. Salah satu alasannya adalah taman ini dapat dibuat tanpa membutuhkan tanah sama sekali. Anggrek adalah tanaman yang tumbuh pada media seperti arang atau sabut kelapa. Meskipun begitu, Anggrek adalah salah satu tanaman yang memiliki bunga yang mempesona dan bahkan berharga sangat tinggi.

Karena tidak membutuhkan tanah, maka Anggrek dapat disusun pada sebuah pohon tinggi pada sekitar batang utamanya. Selain itu dapat juga ditanam pada pot dan disusun pada dinding rumah atau bangunan. Serta berbagai ide lainnya untuk menyusun pot anggrek seperti menggunakan ornamen untuk meletakkan pot tanaman secara vertikal bersusun dan lainnya.

3. Dinding Hijau

Untuk Anda yang memiliki bagian dinding rumah tanpa hiasan seperti dinding samping rumah pembatas atau dinding yang hanya sekedar menjadi tampungan saat hujan, Anda bisa lebih kreatif lagi dengan menjadikannya dinding hijau.

Dinding hijau adalah dinding dengan ornamen berupan tanaman hias yang dapat merambat. Tanaman yang merambat biasanya relatif mudah untuk ditaman pada dinding karena hampir tidak membutuhkan tanah begitu banyak. Anda bisa membuat sangkutan yang mengarahkan batang tanaman untuk tumbuh baik dari atau dinding ke bawah atau dari bawah dinding ke atas. Bahkan terdapat juga tanaman hidroponik yang hanya memerlukan media air sebagai tempat tanamnya.

Jalan Setapak, sumber : BenniSobekti.com
Jalan Setapak, sumber : BenniSobekti.com

4. Taman Balkon Minimalis

Untuk Anda yang memiliki balkon yang hampir tidak memiliki ornamen sama sekali, Anda juga bisa menjadikannya sebagai taman berukuran kecil atau taman minimalis. Tentu saja untuk taman ini Anda hanya bisa menggunakan tanaman pada pot yang berukuran kecil namun memiliki berbagai macam bunga.

Karena balkon adalah bagian rumah yang berada jauh dari tanah. Sehingga lebih cocok menggunakan pot tanaman. Banyak tanaman yang kecil untuk menghiasi balkon rumah dan mudah perawatannya.

5. Taman Teras

Jika Anda memiliki teras rumah namun tidak memiliki halaman atau area bertanah sama sekali, Anda tetap dapat membuatnya menjadi taman. Tentu saja dengan menggunakan tanaman yang ditanam pada pot seperti anggrek, kaktus mini dan lainnya.

Itu dia beberapa ide taman minimalis yang bisa menjadi pilihan Anda. Semoga ide-ide di atas dapat menginspirasi Anda. Simak terus berbagai informasi bermanfaat lainnya di website tribratanewsjogja.com.

Leave a Reply