Berikut Hal-Hal Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Memakai Toilet Umum

Berikut Hal-Hal Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Memakai Toilet Umum

Saat Anda sedang berpergian atau melakukan perjalanan jauh, sebagian besar orang akan mampir ke fasilitas umum yaitu di toilet umum. Entah untuk buang air kecil maupun buang air besar (BAB), sebelum memakai toilet umum Anda harus pastikan beberapa hal yang penting untuk dilakukan dan perlu Anda hindari.

Sebelum memakai toilet umum Anda harus memastikan betul hal- hal berikut ini, agar Anda dapat mengantisipasi berbagai penyakit setelah memakai toilet umum. Berikut ini tindakan yang dapat Anda lakukan ketika di toilet umum.

7 Tips Sebelum Memakai Toilet Umum

Ketika Anda berpergian entah untuk bisnis, liburan ataupun sedang melakukan program studi. Mau tak mau Anda akan membutuhkan dan memakai toilet umum. Untuk sekedar mencuci tangan, buang air kecil atau buang air besar.

Sebelum memakai toilet umum ada hal- hal yang wajib Anda lakukan agar tetap terjaga keamanan dan kebersihannya. Dan Anda juga kebutuhan pribadi yang wajib dan perlu Anda siapkan sebelum bepergian. Simak tipsnya dan sebagai berikut penjelasannya

1. Sebelum Memakai Toilet Umum, Pastikan Tersedia Tisu

Berikut Hal-Hal Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Memakai Toilet Umum
Setelah masuk kamar mandi, segera cek apakah tisu di dalam masih ada atau habis. Sumber : Shutterstock.com

Sebelum memakai dan masuk ke toilet umum, pastikan kamar/ bilik tersedia tisu. Untuk membersihkan area- area yang sensitif agar tidak mudah tertular penyakit yang dapat menjadikan infeksi ataupun kelainan kulit yang disebabkan karena kelembaban kulit.

Jika tisu yang disediakan sudah habis, Anda bisa meminta tolong staf cleaning service untuk mengisinya kembali. Namun jika tidak ada, akan lebih baik Anda membawa tisu sendiri, untuk kebutuhan pribadi Anda. Ini akan jauh lebih baik dan tidak merepotkan Anda karena telah dipersiapkan saat akan keluar rumah.

2. Sebelum Memakai Toilet Umum, Bersihkan Dudukan Toilet

Sebelum Anda menggunakan toilet, jangan lupa untuk mengelap dahulu dudukan toilet. Pastikan dudukan toilet itu bersih dengan menggunakan tisu, dan juga Anda bisa menggunakan tisu basah.

Berikut Hal-Hal Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Memakai Toilet Umum
Sebelum memakai toilet umum, hendaknya perhatikan kebersihan dudukan toilet. Sumber : Istockphoto.com

Biasanya toilet umum di mal, pasar atau pusat perbelanjaan besar menyediakan cairan desinfektan di setiap bilik toiletnya yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu Anda lebih yakin akan kebersihannya.

3. Kebersihan Wastafel

Wastafel di toilet umum adalah tempat yang paling strategis untuk digunakan oleh semua orang. Wastafel ini menjadi salah satu tempat yang paling tidak higienis karena kebersihannya yang tidak dapat dijamin. Karena ada banyak orang yang singgah ke toilet umum yang menggunakan wastafel.

Sehingga berbagai macam kuman yang bersarang yang dapat memicu penyakit atau infeksi jika tidak dibersihkan. Jadi, cucilah tangan Anda dengan benar dan teliti. Perhatikan ketika memompa sabun dari wadahnya. Anda bisa melapisi dengan tisu agar tidak terjadi kontak langsung antara kotak sabun dengan kulit tangan Anda.

4. Hindari, Menekan Tombol Flush Langsung

Ketika Anda akan menekan tombol flush. Hindari kontak langsung antara kulit tangan Anda dengan tombol flush. Anda bisa melapisinya terlebih dahulu dengan tisu, kemudian baru tekan tombol flush.

Berikut Hal-Hal Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Memakai Toilet Umum
Sebelum menekan tombol flush, ada baiknya Anda bersihkan terlebih dahulu dengan air atau tisu yang ada. Sumber : Istockphoto.com

Dengan cara ini akan mengurangi resiko penularan penyakit atau penyebaran bakteri dari toilet umum ke tangan Anda, yang mana bakteri yang menempel pada kulit tangan Anda kemudian menyebar kebagian tubuh lainnya, seperti wajah, anggota tubuh lain dan bahkan ke orang- orang sekitar Anda.

5. Gagang Pintu Toilet

Cara yang seperti ini mungkin akan membuat Anda seperti orang yang terobsesi dengan kebersihan atau neat- freak. Tetapi cara ini dilakukan demi keamanan dan kesehatan Anda. Gagang pintu toilet yang pastinya semua orang menyentuhnya, sehingga menjadi salah satu tempat bersarangnya bakteri.

Gagang pintu toilet yang banyak terpapar kuman maupun bakteri. Anda pastinya tidak ingin tangan yang sudah bersih menjadi kembali tidak higienis. Jangan ambil resiko untuk terkena penyakit. Biasakan menggunakan tisu untuk membuka atau menutup pintu toilet.

Sebelum memegang gagang pintu Anda bisa melapisi atau membersihkan dengan mengusapkan tisu pada gagang pintu toiletnya. Lakukan sebelum memakai toilet umum dan ketika ingin beranjak setelah memakai toilet umum.

6. Bawa Selalu Handsanitizer

Untuk menjaga kebersihan tangan Anda, biasakan bawa hand sanitizer. Dengan menyediakannya tangan Anda akan tetap higienis setelah menyentuh benda- benda yang tidak bersih atau menjadi sarang bakteri.

Anda dapat menggunakan berbagai macam merk hand sanitizer sesuai dengan kecocokan kulit Anda. Ada hand sanitizer yang berbentuk gel dan ada pula yang berbentuk lebih praktis yaitu hand sanitizer spray. Anda dapat menggunakannya beberapa kali agar tetap terjaga kebersihan tangan Anda setelah memakai toilet umum.

7. Jangan Lupa Keringkan Tangan

Kebiasaan ini harus Anda ketahui, yaitu jangan biasakan membiarkan tangan basah ketika keluar dari toilet terlebih saat memakai toilet umum. Karena dengan kondisi tangan Anda yang masih basah setelah mencuci tangan akan memudahkan bakteri untuk menempel kembali.

Berikut Hal-Hal Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Memakai Toilet Umum
Terakhir, jangan lupa keringkan tangan Anda. Tidak ada mesin ini? Gunakan tisu. Sumber : Istockphoto.com

Karena itu pentingnya menyediakan tisu di toilet atau membawa tisu setiap Anda akan memakai toilet. Dan pastikan sebelum Anda menggunakan toilet umum tersedia tisu atau alat pengering agar tangan Anda lebih cepat kering.

Nah itulah tips yang kami berikan untuk Anda sebelum memakai toilet umum. Dan juga kami menyarankan selain tips diatas, Anda juga dapat memilih toilet umum yang akan Anda gunakan. Toilet umum minimalis yang baik umumnya punya fasilitas yang lengkap dan tidak ada yang rusak maupun habis.

Beberapa hal yang perlu Anda cek sebelum memakai toilet umum yaitu, pastikan airnya bersih, wastafel yang terjaga kebersihannya, jangan lupa gunakan hand sanitizer dan pastikan keamanan kunci pintu toiletnya. 

Itulah tips dan saran untuk Anda sebelum memakai toilet umum,  jika ingin mendapat kami juga menyediakan rekomendasi tentang macam- macam tempat wisata yang recomended dan berbagai informasi lainnya dapat Anda update terus di website kami. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan