8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main – Main

Tidak terasa tahun ini sudah berjalan memasuki bulan ke – 3. Bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal yang tidak begitu banyak tetapi keuntungannya besar? Maka usaha kuliner rumahan adalah solusinya.

Untuk para calon pebisnis muda wajib tahu peluang usaha kuliner cukup tinggi di Indonesia.  Didukung dengan hasil riset dari Statista yang mengatakan bahwa pendapatan pada usaha makanan diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 10,79% hingga tahun 2025 mendatang.

Selain itu, usaha kuliner rumahan memiliki banyak keuntungan. Salah satunya kamu tidak perlu mengeluarkan cost lebih untuk membayar sewa tempat usaha. Kamu bisa memanfaatkan teras rumah atau halaman sebagai tempat untuk menggelar dagangan.

Namun, jika kamu tidak memiliki teras yang cukup luas pun jangan khawatir. Sebab dengan berkembangnya teknologi sekarang ini. Serta kreativitas yang seakan tiada batas, kamu bisa memasarkan usaha kuliner melalui media sosial atau platform penjualan online. Mari kita lihat list nya di bawah ini.

8 Ide Usaha Kuliner Rumahan yang Prospek Cuan

Jika kamu ingin memulai usaha, namun belum memiliki modal yang besar. Usaha kuliner rumahan lah salah satu solusinya. Jangan khawatir untuk memulai dari mana, karena dalam artikel ini akan ada ide – ide usaha kuliner rumahan yang bisa kamu coba. 

1. Hampers Kue Kekinian

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
Ilustrasi hampers kue kering. Sumber : ig/@hampers_craft_cookies

Sebentar lagi umat muslim di dunia akan memasuki bulan yang mulia yaitu Bulan Ramadhan. Jika kamu memiliki skill baking yang mumpuni, saat ini adalah momen yang tepat bagi kamu untuk memulai usaha kuliner rumahan dengan membuat kue.

Jangan khawatir, karena bisnis yang satu ini akan tetap berjalan meskipun Bulan Ramadhan sudah usai. Dimulai dari membuat aneka kue kering saat lebaran. Ditambah dengan packaging yang menarik serta disertai pesan – pesan yang hangat untuk kerabat pasti hampers mu akan diburu banyak customer.

Karena daya simpan kue kering cukup tahan lama, Selain sebagai hampers untuk kerabat kue kering kekinian pun bisa dijadikan souvenir atau oleh – oleh. Jika dikemas dengan berbagai ukuran siapa tau kamu bisa menjadi produsen souvenir yang recommended.

2. Bento Cake

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
imutnya bento cake, ide jual kue kekinian. Sumber : ig/@crumbsn_crust

Ide usaha kuliner rumahan yang kedua yaitu bento cake. Kue tart mini berlapis krim warna – warni ala korea yang masih banyak diminati kawula muda. Karena meskipun kecil, kue ini tetap bisa menyampaikan pesan untuk orang tersayang.

Kue tart yang mungil ini dibuat dengan diameter mulai dari 9cm hingga 14 cm. Karena ukurannya yang kecil ini, kamu tidak harus memiliki modal yang besar. Terlebih jika penjualannya dengan sistem Pre-order (PO), maka kue tart yang akan kamu buat akan selalu fresh dan memiliki desain yang unik.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menawarkan bento cake mu. Jika usaha sudah berjalan tidak ada salahnya untuk mulai belajar tentang internet marketring agar pemasaran produk kamu lebih keren lagi.

3. Rice Box

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
rice box atau nasi kotak bisa jadi usaha rumahan yang menarik. Sumber : ig/@halin_kitchen

Kegiatan masyarakat yang mulai normal dan sudah banyak perkantoran yang memberlakukan WFO (Work From Office). Maka akan banyak karyawan yang mencari makanan berat yang simple namun nikmat.

Bento box bisa menjadi ide usaha kuliner rumahan yang cocok ditawarkan pada para karyawan.  Usaha makanan kekinian yang satu ini masih banyak diminati bahkan semakin berkembang macamnya.

Box yang sudah berisi nasi yang padat dengan topping lauk pauk beserta beragam saus nya, menjadi alternatif makan siang di saat banyak nya pekerjaan. Mulai dari menu simple ayam goreng teriyaki hingga masakan ala ala korea bisa hidangkan.

4. Frozen Food

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
Frozen food tidak melulu tentang sosis-sosisan, Anda bisa jual frozen food yang lebih beraneka ragam! Sumber : Istockphoto.com

Ide usaha kuliner rumahan frozen food sedang digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Pengolahannya pun sangat sederhana.

Kamu bisa memulainya dengan berjualan di depan rumah. Varian frozen food seperti sosis, nugget, fish cake, dan aneka seafood bisa diolah dengan di grill atau pun di goreng. Sedangkan beberapa pilihan seperti dimsum, kebab atau burger kamu hanya perlu menghangatkan saja.

5. Mille Crepes

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
Ilustrasi pembuatan mille crepe. Sumber : Istockphoto.com

Pada beberapa minggu belakangan ini usaha kuliner rumahan berupa mille crepes sedang digandrungi. Karena usaha kuliner yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal. Cara pembuatannya pun tidak sulit, namun membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Karena makanan manis yang dibuat dengan menumpuk lapisan crepes yang tipis dengan olesan cream pada tiap lapisannya ini akan menguji kesabaranmu. Kamu bisa membuat mille crepes dengan varian chocolate, greentea, red velvet, Nutella, Caramel Lotus dan varian lain yang lebih unik dan enak.

6. Banana Roll Kekinian

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
Banana roll adalah ide bisnis dengan pisang yang kekinian. Sumber : Istockphoto.com

Buah Pisang adalah salah satu bahan makanan yang sangat mudah untuk dikreasikan. Dari buah inilah kamu bisa membuat usaha kuliner rumahan dengan bahan lokal namun rasanya bisa diadu.

Buah pisang yang dibungkus dengan gulungan kulit lumpia ini bisa dijual dengan dua pilihan. Pertama bisa dengan digoreng dan diberi topping aneka glaze dan keju. Kedua bisa juga dijual sebagai frozen food dengan kemasan yang beragam.

7. Kelapa Muda Kekinian

Satu lagi usaha kuliner rumahan yang tidak ada matinya, yaitu minuman kelapa muda kekinian. Ya, kelapa muda masih menjadi andalan dalam menghilangkan dahaga dengan berbagai macam manfaat kesehatannya.

Kini, kamu bisa membuat beberapa varian yang menarik dengan kelapa muda. Misalnya campuran kelapa muda dengan perasan jeruk manis, kelapa muda dengan perasan lemon, dan kamu bisa menciptakan varian lain yang unik dan menyegarkan.

8. Kue – Kue Tradisional

8 Usaha Kuliner Rumahan, Modal Kecil Untungnya Tak Main - Main
Kue tradisional yang beraneka ragam. Sumber : Istockphoto.com

Ide usaha kuliner rumahan yang terakhir yang tidak pernah sepi peminatnya yaitu kue – kue  tradisional. Meskipun sekarang banyak makanan ringan dengan menu internasional, namun makanan tradisional tetap memiliki tempat di hati masyarakat.

Kue – kue seperti Kue Talam, Kue Lapis Surabaya, Getuk, Putu Ayu, Hunkwe Nangka, Apem, Wajik, Lemper, dan masih banyak yang lainnya akan tetap dicari sebagai makanan pelengkap saat orang – orang memiliki acara tertentu.

Memasak apapun akan menyenangkan jika kitchen set Anda mendukung. Jasa kitchen set Jogja dan daerah padat penduduk lainnya mulai bermunculan untuk menawarkan jasa pembuatan kitchen set yang memanjakan pelanggan ketika memasak dan menyiapkan makanan.

Untuk itu, sebelum mulai usaha kuliner rumahan, ada baiknya perhatikan kitchen set Anda terlebih dahulu.

Nah..itulah beberapa ide usaha kuliner rumahan yang tidak membutuhkan modal yang besar namun bisa menghasilkan untung yang cukup. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk melihat artikel – artikel menarik lainnya, sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan