Berburu Sepatu Kulit di Manding Jogja

Manding memang dikenal sebagai sentra kerajinan dari kulit. Tidak heran berbagai kerajinan dari tempat ini mampu menembus pasar nasional bahkan internasional. Berbagai wisatawan domestik dan mancanegara yang berwisata ke Jogja sering berkunjung ke Manding, selain untuk membeli kerajinan dari kulit namun melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan. Berbagai kerajinan dari kulit yang dihasilkan di tempat ini meliputi tas kulit, sepatu kulit, ikat pinggang, dompet, dan lain sebagainya.

Manding Pusat Kerajinan Kulit sejak 1957

Berlibur ke Jogja adalah opsi untuk berburu tempat-tempat yang unik. Banyak tempat yang instagramable yang dapat anda kunjungi serta untuk diabadikan momen ada saat berlibur ke jogja. Namun apabila anda dapat melihat pada sisi lain dari wisata Jogja, maka anda dapat menemukan keunikan yang lain. Contohnya pada kerajinan – kerajinan yang diproduksi warganya. Contohnya adalah kerajinan kulit yang terletak di Manding, Kabupaten Bantul ini.

Sepatu Kulit Lelaki, Sumber: IG @jawi_bootsindonesia

Apabila Bandung memiliki Cibaduyutnya, maka Jogja Punya Manding sebagai Sentra Kerajinan Kulit yang terkenal dan sebagai salah satu cendramata unik khas Jogja. Kerajinan kulit manding sejak tahun 1957 dan mengalami masa jayanya pada tahun 1970 hingga 1980 an. Walaupun sekarang tidak terlalu ramai lagi pada awal masa jayanya, pusat kerajinan Manding masih menjadi tempat untuk berburu kerajinan kulit baik lokal maupun mancanegara.

Perintis Kerajinan Kulit Manding

Berbicara mengenai masa kejayaan pusat kerajinan kulit Manding, maka tak jauh dari para tokoh pendiri atau perintisnya. Awal mula dari sentra kerajinan ini adalah ketikan tiga orang pemuda yang bekerja di perusahaan kulit di yogyakarta dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya tersebut pada tahun 1947 M. Tiga pemuda tersebut adalah Ratno Suharjo, Prapto Sudarmo, dan Wardi Utomo.

Tak disangka atas hasil usaha dan kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil. Kerajinan kulit mulai dikenal masyarakat dan mereka mulai menyukainya. Akhirnya lama kelamaan banyak orang yang ikut mencoba menggeluti kerajinan ini. Hingga saat ini terhitung sekitar 40 showroom yang terdapat di desa manding. Di setiap showroom menjajakan produk-produk seperti tas, sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet, dan lain-lain dengan bahan dasar kulit dan dengan kualitas yang berbeda-beda.

Akses ke Manding

Bagi Anda yang berkeinginan untuk menuju tempat ini sangatlah mudah. Sentra kerajinan kulit manding beralamat di  Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Kec. Bantul, Kab. Bantul. Tempat ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menemukannya pun sangat mudah walaupun dengan Google maps sekalipun.

Sepatu Kulit Wanita, Sumber: IG @kulaanq

Apabila Anda hendak memasuki dusun ini sudah tersedia gapura yang cukup besar dan bertuliskan Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding. Disarankan bagi Anda yang baru berwisata ke Jogja atau tidak memiliki kerabat bisa menyewa jasa travel wisata. Selain bisa ke Manding, Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain di Jogjakarta.

Mengenal Sepatu Kulit Manding

Brand sepatu Getzke sebagai sepatu lokal dengan kualitas terjamin namun harga terjangkau mulai terdengar seantero Nusantara khususnya bagi para pecinta sepatu kekinian. Tidak ketinggalan pula, Manding selaku Sentra Industri Kerajinan Kulit juga memiliki sepatu kulit yang mengikuti tren kekinian tentunya.

1. Harga Sepatu Relatif

Setiap harga produk yang tersedia di setiap showroom berbeda-beda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh bentuk, warna, serta kualitas dari produk tersebut. khususnya juga pada harga-harga sepatu kulitnya. Setiap sepatu memiliki harga yang bervariasi mulai dari yang termurah yaitu Rp 70.000 hingga yang termahal diatas Rp 1.000.000.

Ada baiknya bagi Anda untuk melakukan komparasi terhadap toko-toko yang menjual barang yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan untuk menentukan kualitas dan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Baca Juga: Kerajinan Wayang Kulit Desa Pucung

2. Produksi Sepatu Lokal Kualitas Internasional

Kebanyakan produk yang dibuat di sini menggunakan cara yang masih tradisional. Walaupun begitu, untuk masalah kualitas dapat anda bandingkan dengan barang branded lainnya. Hal ini karena produk-produk yang dibuat menggunakan bahan kulit asli, bahkan ada yang membuat produk menggunakan kulit asli secara keseluruhan. Dengan kualitasnya yang tak kalah dengan barang branded, kerajinan kulit manding menjadi surga bagi siapa saja yang mencintai fashion.

Bahkan banyak para penggemar tas menemukan tas yang mereka dambakan di sini. Dengan kualitas yang dimiliki, tak jarang produk-produk yang dijual di sini dilirik oleh berbagai orang dari luar negeri. Berdasarkan berbagai macam sumber, beberapa toko ternyata sudah ada yang memasarkan produknya ke timur tengah seperti mesir. Bahkan kabarnya sudah ada yang sampai ke eropa. 

3. Warna dan Model Sepatu Mengikuti Tren

Setelah berkesempatan untuk datang ke Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding, maka kita akan disuguhkan banyak toko-toko yang menjual kerajinan kulitnya. Setiap toko memiliki keunikannya sendiri-sendiri sehingga harga jualnya walaupun produk sejenis akan berbeda. Disinilah menjadi tantangan tersendiri bagi Kita sebagai konsumen untuk memilih dan memilah produk mana yang paling baik.

Sepatu Kulit Anak Lelaki, Sumber: IG @kulaanq

Kebanyakan penjual yang menjual produk kulit mereka mengikuti tren yang sedang booming pada masanya. Sehingga setiap masa akan memiliki produk keluaran yang berbeda mengikuti tren dimasa itu. Sebenarnya inilah strategi para pengrajin tersebut agar produknya tetap laris dan tak lekang oleh zaman.

Khususnya pada produk sepatu dan sandal. Produk tersebut modelnya selalu disesuaikan dengan gaya yang kekinian. Terdapat berbagai macam pilihan warna apabila anda hendak membeli sepatu atau sandal kulit, yaitu  broken white, hitam, coklat, merah, dan kuning. Namun apabila Anda merupakan pribadi yang kreatif serta inovatif, maka Anda dapat memesan sendiri model sepatu yang Anda inginkan kepada pengrajin kulit tersebut, tentunya Anda akan mengeluarkan dana tambahan untuk itu.

Selain modelnya yang beragam dan kualitasnya yang tinggi, produk sepatu kulit yang ada di Sentra Kerajinan Kulit Manding ini memiliki berat yang cukup ringan. Maka bagi Anda yang ingin berbelanja banyak tidak perlu khawatir, Anda tidak akan menanggung beban berat yang berlebih karena produk tersebut terbuat dari kulit kering yang memiliki berat yang ringan.

Demikian tadi adalah ulasan mengenai produk kerajinan kulit di Sentra Kerajinan Kulit Manding. Saran Kami bagi para calon pembeli yaitu jangan lupa melakukan penawaran, ya. Karena walaupun sudah diberi label harga, kebanyakan produk di tempat ini masih bisa ditawar untuk mendapatkan harga yang cocok.

Leave a Reply