souvenir jogja

10 Cenderamata Unik Khas Jogja Yang Banyak Dicari

Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa dikenal dengan sebutan Jogja merupakan sebuah kota di pulau Jawa yang  dengan segudang kekayaan budaya, sejarah, wisata, kuliner, pendidikan dan seninya tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengarnya. Ketika berkunjung ke Jogja tentunya banyak sekali hal yang bisa dinikmati dan dikunjungi, sehingga tidak bingung apa yang mau dilakukan.

Setiap sudut kota Jogja selalu menawarkan kesan kepada siapa saja yang mengunjunginya rasa betah dan ingin berlama-lama tentunya akan dirasakan ketika berada di kota ini. Jogja juga memiliki banyak tempat wisata belanja, seperti wisata belanja Jakarta. Banyak produk khas dari daerah Jogja yang dijual dan ada yang memiliki unsur budaya.

Tentunya akan sangat terasa kurang jika berkunjung ke Jogja hanya menikmati destinasi wisatanya saja tapi, tidak membeli cenderamata unik dan oleh-oleh khas dari kota ini. Berikut ini beberapa cenderamata dari Jogja yang banyak dicari dan biasanya dijadikan oleh-oleh produk pakai atau dijadikan hiasan diantaranya:

1. Wayang

wayang kulit
Wayang kulit, sumber: wlaharwetan.desa.id/

Wayang merupakan salah satu kesenian tradisional dari pulau Jawa terutama daerah Jogja yang masih terus melakukan perkembangan kesenian dari wayang dengan menampilkan pertunjukan seni wayang hingga sampai saat ini masih terus dilakukan. Ini merupakan bentuk pelestarian budaya tradisional Jogja yang dilakukan dari Dinas Kebudayaan Jogja.

Bukan hanya sekedar menonton wayang juga sudah menjadi cenderamata yang bisa dibeli ketika berkunjung ke Jogja dan menjadi cenderamata yang memiliki unsur budaya. Jadi sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadikan wayang sebagai oleh-oleh produk pajangan atau hiasan.

2. Batik Jogja

batik jogja
Batik Jogja, sumber: rukma-batik-jogja.business.site

Batik merupakan warisan budaya Indonesia dari pulau Jawa, tapi batik juga disetiap daerah memilikinya dengan ciri khas corak yang berbeda-beda sesuai dengan deranya. Batik Jogja sendiri model dan corak yang khas menggambarkan batik tersebut berasal dari Jogja salah satunya motif yang paling popular dan banyak dikenal adalah Ceplok, Kawung, dan Parang.

Batik juga bisa dijadijan sebagai cenderamata atau oleh-oleh produk pakai yang bisa digunakan dalam berbagai acara resmi. Sangat tepat jika Anda ingin memberikan cenderamata khas Jogja adalah batik baik dalam bentuk baju, balazer, gaun, dan kain utuh. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi yang meneriimanya karena batik Jogja menjadi salah satu cenderamata atau oleh-oleh yang bayak dicari ketika berkunjung ke kota Jogja.

Baca juga: Liburan Hemat Dengan Pilihan Paket Wisata yang Tepat

3. Blangkon

blangkon
Blangkon Jogja, sumber: photo.trubus.id/

Blangkon merupakan topi khas Jogja yang berfungsi sebagai penutup kepala yang digunakan pada saat acara adat tradisional. Topi ini memiliki corak batik karena biasanya kain batik digunakan sebagai  covernya bisa juga menggunakan kain motif lain selain batik.

Blangkon juga bisa menjadi cederamata atau oleh-oleh produk pakai khas Jogja. banyak dari wisatawan yang berkunjung ke Jogja membeli blangkonan sebagai cenderamata dari kota terkenal juga akan budayanya.

4. Surjan

baju surjan
Baju surjan, sumber: bukalapak.com/

Selain batik ada juga baju khas dari Jogja yaitu, Surjan biasa dikenal juga dengan pakaian lurik oleh masyarakat Jawa dikarenakan pakaian ini memiliki motif lurik. Pakaian ini bisa digunakan untuk pria dan juga wanita biasa digunakan pada acara yang berkaitan dengan kebudayan atau acara adat tradisional khas Jawa.

Surjan juga bisa menjadi cenderamata atau oleh-oleh produk pakai khas Jogja bagi kerabat, teman, dan juga keluarga ketika Anda berkunjung ke kota Jogja. Surjan juga akan memberikan kesan seperti orang Jawa ketika dipakai dan banyak juga dicari oleh para wisatawaan.

5. Selop Batik

sendal batik
Sendal batik, sumber: jejakpiknik.com/

Selop batik atau biasa dikenal dengan sendal merupakan kerajinan tangan khas Jogja yang menggunakan kain batik sebagai cover atau tampilan dari sandal. Motifnya batik pada sandal berbagai jenis motif dan warna. Sudah banyak dijual di toko cenderamata atau souvenir di Jogja, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Bisa menjadi cenderamata atau oleh-oleh produk pakai khas Jogja yang unik karena cenderamata ini juga masih jarang diketahui oleh para wisatawaan. Jadi sangat cocok jika Anda berkunjung ke Jogja dan menjadikannya sebagai cenderamata untuk kerabat, keluarga, dan teman.

6. Miniatur Becak dan Sepda Onthel

miniatur becak
Miniatur becak, sumber: sewasepedajogja.com/

Miniatur becak dan sepeda onthel bisa biasa dibuat dari kayu, tapi dengan terus berkembang zaman para pengrajin tembaga sudah bisa membuat miniatur becak dan sepeda onthel dari bahan tembaga atau perak. Tidak sulit untuk mendapatkan miniature ini karena di toko cenderamata atau souvenir sudah banyak menjualnya.

Miniature becak dan sepeda onthel bisa menjadi cenderamata atau oleh-oleh produk hiasan khas Jogja. Banyak juga dari para wisatwan yang menjidakan cenderamata ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Jogja.

7. Patung Loro Blonyo

patung blonyo
Patung blonyo, sumber: .kaskus.co.id/

Patung loro blonyo merupakan patung yang sangat erat kaitannya dengan budaya Jawa, patung ini menggambarkan sepasang pengatin yang sedang duduk. Menurut sejarah patun ini sudah ada sejak tahun 1476. Tentunya bisa menjadi cenderamata atau oleh-oleh yang bukan hanya memiliki nilai seni tetapi, juga memiliki sejarah dibaliknya.

Untuk mendapatkan patung ini tidaklah sulit karena sudah banyak toko souvenir di Jogja yang menjualnya dan juga menjadi cenderamata yang banyak dicari oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Jogja.

8. Topeng Batik

topeng batik
Topeng batik, sumber: jejakpiknik.com/

Topeng batik merupakan topeng yang dibuat untuk dijadikan pajangan atau hiasan dinding rumah yang membedakan topeng ini dengan topeng pada umumnya adalah motif batik yang dimplementasikan pada permukaan topeng ini, sehingga dinamakan topeng batik.

Topeng batik bisa menjadi cenderamata atau oleh-oleh produk hiasan khas Jogja. Bisa didapatkan hampir diseluruh toko souvenir yang ada di Jogja dan menjadi cenderamata yang cukup popular dicari oleh para wisatwan yang berkunjung ke Jogja.

Baca juga: Inilah Kriteria Bus Wisata Jogja yang Anda Butuhkan

9. Kerajinan Kulit

tas kulit khas jogja
Tas kulit khas Jogja, sumber: blog.tiket.com/

Kerajinan kulit di Jogja bisa dikatakan sangat terkenal banyak produk yang dibuat dari bahan kulit seperti sandal, sepatu, tas, dompet, dan produk lainnya. produk dari kerajinan kulit bisa menjadi alternatif cenderamata atau oleh-oleh dan prduk kerajinan kulit juga banyak dicari oleh para wisatawan jadi, sangat cocok jika Anda jadikan cenderamata atau oleh-oleh produk pakai ketika berkunjung ke Jogja.

10. Kaos Dagadu

kaos dagadu
Kaos dagadu, sumber: inkuiri.com/

Kaos dagadu merupakan kaos souvenir yang memiliki motif  yang khas dari daerah Jogja dimana, motifnya adalah perpaduan dari unsur panduan budaya dan seni dari Jogja dengan sebuah kata-kata yang dibuat menarik dan unik. Jadi sangat cocok dijadikan cenderamata atau oleh-oleh produk pakai untuk kerabat, keluarga, dan teman jika Anda berkujung ke Jogja.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cenderamata khas Jogja semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cenderamata untuk dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke Jogja dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply