jamu gendong

Daftar Jamu Herbal Asli Jawa Dengan Beragam Manfaat

Jamu merupakan minuman herbal tradisional asli dari pulau Jawa, Indonesia. Bukan hanya menjadi minuman tradisional jamu juga bisa menjadi obat herbal dalam menjaga kesehatan tubuh atau membantu dalam meyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti batuk,demam, pegal, kecapaean, dan lain-lain.

Jamu dibuat dari bahan-bahan  alami, yang berasal dari bagian tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Sehingga jamu bisa bisa dikatakan sebagai minuman herbal karena memiliki bahan-bahan yang berasal dari berbagai macam tumbuhan dan tanpa mengandung bahan kimia semua bahan-bahan jamu berasal dari tumbuhan alami.

Asal mula jamu tidak diketahui secara pasti berasal dari daerah mana, akan tetapi akan mudah menemukan minuman jamu di daerah Jawa. Ada juga beberapa daerah di Indonesia bisa ditemui minuman jamu, biasa yang menjualnya merupakan orang jawa yang tinggal di daerah tersebut. Untuk sentra minuman jamu terkenal berada di daerah kabupaten Sukoharjo, provinsi Jawa Tengah.

Dari beberapa minuman jamu yang biasa dikonsumsi pasti ada beberapa jamu yang tidak diketahui nama dari jenis jamu tersebut. Karena jamu sendiri memiliki beberapa jenis dengan rasa dan manfaat yang berbeda-beda. Dengan zaman yang semakin modern banyak dari toko herbal online yang menjual berbagai jenis jamu dalam bentuk kemasan

Tentunya akan lebih baik jika mengetahui nama atau jenis jamu ketika dikonsumsi, sehingga pada saat ingin mengkonsumsinya kembali tahu nama dari jenis jamu tersebut. Berikut ini beberapa daftar jamu atau jenis jamu herbal Jawa dengan beragam manfaat diantaranya:

1. Beras Kencur

jamu beras kencur
Jamu beras kencur, sumber: merdeka.com

Jenis jamu ini pasti sudah tidak asing lagi karena merupakan jenis jamu yang paling sering dikonsumsi. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang cocok untuk dikonsumsi baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Jamu ini merupakan hasil ekstrak dari kencur, beras, jahe, dan asam.

Inilah yang membuat cita rasa dari jamu beras kencur nikmat dan cocok untuk segala usia. Untuk manfaatnya membantu dalam menambah nafsu makan, menghilangkan penggal linu, dan meningkatkan stamina.

Baca juga: Kuliner Khas Lombok Yang Perlu Anda Coba

2. Kunyit Asam

jamu kunyit asam
Jamu kunyit asam, sumber: merdeka.com

Hampir sama dengan beras kencur yaitu, jenis jamu yang juga diminati oleh banyak orang. bahannya terdiri dari kunyit, asam jawa, gula merah, temulawak, dan rempah lainnya. untuk rasanya sendiri tidak terlalu jauh dengan beras kencur hanya saja rasa kunyit akan lebih dominan dirasakan dan bisa juga dikonsumsi oleh berbagai usia.

Manfaat dari jamu kunyit asam adalah membatu dalam mengatasi masalah haid, membantu juga dalam program diet, dan bisa juga membantu dalam mencerahkan kulit. Jumlah kandungan antioksidan dalam kunyit yang lumayan banyak, sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam perawatan kulit tubuh.

3. Sinom

Jamu sinom, sumber: brilio.net

Sinom atau daun asam muda merupakan bahan utama dari jamu sinom. Untuk warna dari jamu ini hampir sama dengan jamu kunyit asam yang membedakan hanya kepekatan warna. sedangkan untuk rasanya sendiri manis dan segar sehingga sanagat cocok jika dinikmati di rumah Joglo atau rumah khas dari daerah Jogja.

Manfaat dari jamu sinom adalah menambah nafsu makan, mengatasi peradangan lambung, mengatasi maag, dan masalah keputihan pada wanita. Jadi sangat baik jika dikonsumsi secara berkala dalam untuk dapat merasakan manfaatnya.

4. Pahitan

jamu pahitan
Jamu pahitan, sumber: ibudanbalita.com

Mungkin untuk jenis jamu ini kurang peminatnya karena rasanya yang lumayan pahit tapi, jangan ragukan dengan manfaat yang diberikan karena manfaat dari jamu pahitan adalah mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah resiko diabetes, baik dalam terapai cuci darah, dan lain-lain.

Untuk bahannya teridiri dari daun sambiloto yang merupakan bahan bakunya dan biasa ditambahkan dengan brotowali. Sehingga rasanya akan terasa lebih pahit jadi, bagi yang tidak biasa dengan rasa pahit jamu pahitan tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi.

5. Kunci Sirih

jamu kunci sirih
Jamu kunci sirih, sumber: brilio.net

Sesuai dengan namanya jamu ini memiliki bahan utama yaitum, daun sirih dan ada tambhan bahan lainnya seperti rimpang kunci, daun asam, epmon-empon. Dari segi rasanya sendiri mungkin berbeda dengan jenis jamu lainnya, karena jamu ini banyak dikonsumsi baik dalam pengobatan atau mengatasi masalah wanita pada umumnya.

Manfaat yang diberikan pada wanita yang mengkonsumsi jamu kunci sirih adalah menghilangkan masalah kepoutihan, menghilangkan bau badan, merapatkan bagian kewanitaan, dan bisa juga memerkuat gigi.

6. Kudu Laos

 jamu kudu laos
Jamu kudu laos, sumber: wowkeren.com

Jamu kudu laos merupakan jamu yang memberikan rasa hangat pada tubuh ketika dikonsumsi. Rasa hangat tersebut diperolah dari bahan-bahannya seperti buah mengkudu yang ditumdbuk halus ditambahkan dengan jahe dan aneka bahan rempah lainnya.

Semua bahannya direbus sampai menghasilkan air rebusan dari sari-sari rempah. Air dari sari rempah inilah yang dijadikan jamu dan memiliki manfaat dalam mengatasi kembung, meredakan demam, dan masuk angin.

Baca juga: Kesalahan Yang Biasanya Dilakukan di Rumah Makan

7. Galian Singset

Jamu yang memiliki cukup banyak aneka bahan remapah dari jenis-jenis jamu lainnya. bahan terdiri dari kencur, temulawak, asam jawa, kunyit, kayu manis, merica, laos, serai kumyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa jenis rempah lainnya.

Untuk rasanya sendiri tentunya memiliki rasa yang cukup varian jika dirasakan, karena aneka jenis rempah yang digunakan cukup banyak, sehingga rasanya tidak ada yang lebih menonjol baik dari cengkeh, kapulaga, kayu manis atau rempah lainnya.

Manfaat dari jamu galian singset adalah membantu dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan, mengencangkan badan, dan manfaat lainnya. jamu ini akan sangat cocok bagi para wanita.

8. Temulawak

jamu temulawak
Jamu temulawak, sumber: halodoc.com

Seperti namanya jamu ini terbuat dari temulawak yang merupakan bahan utamanya dengan ditambahkan gula jawa, gula aren, daun pandan, dan jinten. Jamu ini banyak juga dikonsumsi baik dari anak-anak hingga dewasa. Karena rasanya yang manis dan juga segar membuat siapa saja akan merasa cocok dengan rasa jamu temulawak.

Memiliki manfaat antara lain seperti, menyembuhkan pusing, mual, dan menghilangkan gejala masuk angin. Jamu temulawak juga sangat cocok untuk dibawa pada saat berpergian.

Leave a Reply