Kuliner Khas Lombok Yang Perlu Anda Coba

Pariwisata di Pulau Lombok terkenal dengan destinasi wisata halalnya. Tentu saja istilah halal, sangat berkaitan dengan makanan. Dengan penduduk mayoritas muslim, makanan khas Lombok yang di sediakan rumah makan di Lombok tentu terjamin kehalalannya. Wisata halal di pulau yang juga dikenal dengan pulau seribu masjid ini juga sangat menunjang sektor wisata lainnya.

Ayam Taliwang dari Lombok. Sumber IG @travel_and_food_lover

Sektor wisata lainnya seperti wisata petualangan misalnya, bagi pecinta petualangan bisa melakukan pendakian di Gunung Rinjani yang merupakan salah satu tujuan pendakian terbaik di Indonesia. Selain itu terdapat wisata bahari yang bisa kita nikmati di Gili Trawangan dan gili (pulau kecil) lainnya yang tersebar di pulau Lombok. Atau wisata budaya yang bisa kita temui di berbagai pelosok Pulau Lombok.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Lombok diharapkan dapat mendongkrak pemasukan dari usaha kuliner atau juga jasa rental mobil di Lombok. Maka tidak heran jika kuliner khas di Lombok juga merambah ke tempat lain dikarenakan popularitas masakan tersebut mulai naik. Semakin banyak wisatawan yang datang ke Lombok maka semakin populer masakan khas Lombok. Seperti apakah masakan khas di lombok? Yuk kita lihat.

Berbagai Kuliner khas di Lombok

Nasi Balap Puyung khas Lombok

Nasi Balap puyung merupakan makanan yang sangat di kenal di Lombok. Masakan ini terdiri atas nasi dengan sayur buncis, ayam suir yang pedas dengan kepedasan bertingkat-tingkat sesuai permintaan, kacang kedelai dan kentang kering. Kalau bicara kedelai dan nasi hampir sama dengan masakan khas Jogja. Penamaan nasi balap juga belum di ketahui asal muasalnya. Bisa jadi karena penyajiannya tidak lama.

Sensasi pedas pada masakan khas Nusantara ini adalah dari suwiran ayamnya. Ayam yang telah disuir kecil kecil di masak bersamaan dengan gilingan cabai merah. Selain itu kacang panjang yang di tambahkan juga di masak dengan tumbukan cabai merah. Karena itulah masakan ini terkenal dengan kepedasannya.

Ayam Taliwang Khas Lombok

Siapa yang tidak kenal dengan masakan Ayam taliwang? Jika berkunjung ke Lombok tidak lengkap rasanya sebelum merasakan olahan tradisional Ayam Taliwang. Olahan masakan khas Lombok ini langkah pertama yang di kerjakan dalam pembuatan masakannya adalah dengan campuran rempah-rempah dan ayam yang diungkep.

Setelah daging ayam empuk maka di lanjutkan dengan proses panggang dengan bumbu khas Lombok bernama Sabie Badang. Karena bahan utama bumbu khas ini adalah cabai asap maka rasa yang dihasilkan dari bumbu ini juga khas. Proses yang sedikit rumit inilah yang menjadikan masakan khas Lombok Ayam Taliwang ini memiliki rasa yang khas dan menjadikannya populer.

Ketika kita menikmati  masakan Ayam Taliwang biasanya akan di suguhi juga makanan pendamping berupa lalapan yang diberi nama Beberuk dan juga rebusan kangkung di campur tauge dan sambal tomat yang diberi nama plecing. Kombinasi dari ayam panggang, lalapan dan berbagai sambal inilah yang menjadikan ketagihan untuk mencicipi lkembali masakan khas Ayam Taliwang.

Sate Bulayak, sate khas Lombok. Sumber IG @dee_liciouuss

Sate Bulayak Khas Lombok

Sate bulayak merupakan sate khas Lombok. Tak begitu berbeda dengan sate pada umumnya di daerah lain. Yang membedakan adalah adanya bumbu yang dibuat dari kacang yang di sangrai dan ditumbuk kemudian tumbukan kacang tersebut di rebus bersama santan dan bumbu lain. Bumbu kacang inilah yang menjadikan sate Bulayak berbeda dengan sate lainnya.

Sedangkan nama Bulayak merupakan lontong yang dibungkus daun aren atau enau adalah bahan dasar dari masakan tersebut selain daging ayam, jerohan dan daging sapi yang ditusuk seperti sate lainnya. Perpaduan gurihnya bulayak dan bumbu kacang khas itulah yang akan terasa berbeda di lidah.

Lombok yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Nusantara emiliki beragam jenis masakan khas selain beberapa masakan khas yang ada di atas. Pertumbuhan di sektor wisata bergerak dengan cepat seiring berjalannya waktu. Baik itu wisata kuliner, wisata alam dan wisata budaya-religi yang sudah digagas. Tak heran jika pemerintah daerah dan masyarakat di sana mengambil peluang itu dengan mendirikan jasa yang menunjang pariwisata dan juga sekolah pariwisata di Lombok.

Leave a Reply