Cara Mengisi Air Aki Mobil dengan Aman dan Mudah

Memiliki mobil tentu butuh pengetahuan yang banyak pula tentangnya. Terutama dalam hal perawatan mobil. Tujuannya adalah mobil yang sudah dimiliki tetap memiliki performa yang prima. Berbicara mengenai performa mobil, pasti yang terlintas adalah mesin mobil. Padahal tidak hanya mesin saja, hal sederhana seperti cara mengisi air aki mobil pun perlu untuk diketahui. Setiap pemilik mobil sebaiknya perlu tahu cara – caranya.

Kenali Botol Merah dan Botol Biru

Sebelum beranjak ke tahapan cara mengisi air aki mobil sebaiknya perlu diketahui perihal botol merah dan botol biru. Untuk botol merah atau sering disebut dengan Accu Zuu itu berisi asam sulfat (H2SO4). Kegunaannya untuk mengisi aki yang masih baru atau masih kosong dan untuk botol biru isinya adalah air murni (H2O).

Proses isi ulang aki mobil, sumber ig @berkah_battery
Proses isi ulang aki mobil, sumber ig @berkah_battery

Fungsinya digunakan untuk menambahkan air aki yang telah berkurang. Jadi, ketika ingin menambahkan air aki jangan menggunakan botol merah karena dapat menyebabkan performa aki menurun.

Tahapan Cara mengisi Air Aki Mobil

Setelah mengenali botol merah dan biru maka sekarang berlanjut untuk mengetahui tahapan cara mengisi air aki mobil sesuai dengan prosedur. Terdapat beberapa tahap, silahkan simak baik – baik dan pahami poin pentingnya. Inilah tahapan – tahapannya;

Siapkan Obeng dan Cek Tinggi Air Aki

Tahap pertama adalah menyiapkan obeng (-) sebagai alat untuk membuka penutup sel aki. Jika terpaksa tidak ada obeng maka dapat digunakan benda – benda pipih lainnya, misalnya gunting atau pisau yang dapat digunakan sebagai pengganti obeng. Kemudian cek ketinggian air aki sebelum penutup aki dibuka. Tujuannya agar dapat memperkirakan volume aki yang dibutuhkan.

Meskipun agak susah jika baru pertama kali melakukannya. Namun dengan mengisi air aki sendiri anda akan bisa berhemat banyak dikemudian hari. Berakit-rakit ke hulu, berenang renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian jika peribahasa mengatakan. 🙂

Baca juga: Tempat Rental Fortuner di Jogja

Siapkan air aki dan lepas terminal negatif

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan air aki yang bisa dibeli pada bengkel sekitar tempat tinggal Anda. Kisaran harganya antara 5 hingga 10 ribuan, apabila air aki sedikit di bawah garis lower maka cukup beli satu botol saja. Namun jika kosong, bisa membelinya dengan tiga botol sekaligus. Sebelum berlanjut untuk mengisi air akinya, perhatikanlah keamanan dengan cara melepas terminal negatif aki. Gunakanlah kunci 10 untuk mengendorkannya.

Air aki mobil merk Yuasa, sumber ig @pertamax7
Air aki mobil merk Yuasa, sumber ig @pertamax7

Buka Penutup Sel Aki dan Isi Air Aki

Ketika keamanan semua sudah terjaga maka buka seluruh penutup sel aki dengan obeng atau benda pipih. Kemudian isilah air aki ke dalam aki hingga batas yang ditentukan. Gunakanlah corong untuk mempermudah pengisian air akinya. Tuangkan dengan hati – hati, sebab air aki memiliki sifat korosif.

Artinya dapat membuat tangan melepuh serta mudah membakar benda plastik. Setelah selesai semuanya, tutuplah semua air sel aki dengan memasang penutupnya kembali. Langkah terakhir tinggal menyalakan mesin mobilnya. Apabila tegangannya masih belum kuat, dapat melakukan charge aki.

Demikianlah cara mengisi air aki mobil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat dipahami dan bermanfaat untuk pembaca semua. Sehingga tidak perlu sering-sering ke toko aki mobil untuk membeli aki yang baru.

Jadi, cukup mudah bukan dalam mengisi air aki? Sedikit – sedikit bisa mandiri untuk perawatan mobil pribadi. Selamat mencoba dan mempraktekkannya! Terimakasih dari kami, silahkan share jika berkenan.

Leave a Reply