Mengenal 2 Sekolah Pariwisata di Lombok

Seiring dengan pesatnya industri pariwisata di Lombok, tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak dan ahli di bidangnya. Hal itu mendorong pemerintah maupun yayasan tertentu untuk membuka sekolah pariwisata di Lombok. Adanya sekolah pariwisata tersebut diharapkan mampu menyiapkan tenaga ahli untuk perkembangan dan kemajuan pariwisata yang ada di daerah Lombok.

Sebenarnya di tingkat sekolah menengah kejuruan atau SMK sudah banyak yang memasukkan pariwisata dalam minat dan jurusan khusus. Terlebih itu di sekolah yang notabene berada di wilayah padat pariwisata yang tentunya banyak diminati oleh masyarakat. Begitu pula dengan peminat yang ingin masuk ke tingkat perguruan tinggi.

Daftar Sekolah Pariwisata di Lombok

Perguruan tinggi pariwisata sudah sangat relevan dengan kondisi yang ada di Indonesia, khususnya Lombok yang mempunyai banyak destinasi wisata alam maupun budaya. Tidak heran jika kini sudah ada sekolah pariwisata di Lombok yang statusnya sebagai penyedia sumber daya manusia untuk pariwisata dan mendapat banyak dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah.

Dukungan tersebut ternyata juga mengalir dari masyarakat setempat dengan semakin antusiasnya siswa lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan untuk masuk ke sekolah tinggi tersebut. Di Lombok sendiri terdapat dua sekolah tinggi pariwisata yang terkenal dan menjadi andalan yaitu : cafe vokasi khususDukungan tersebut ternyata juga mengalir dari masyarakat setempat dengan semakin antusiasnya siswa lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan untuk masuk ke sekolah tinggi tersebut. Di Lombok sendiri terdapat dua sekolah tinggi pariwisata yang terkenal dan menjadi andalan yaitu :

1. Politeknik Negeri Pariwisata Lombok

Sebagai pendidikan tinggi negeri, sekolah ini mendapat subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa dari kementerian pariwisata. Hal itu bertujuan untuk meringankan beban orang tua maupun mahasiswa sendiri, mengingat biaya masuk dan belajar di sekolah tersebut sangat mahal. Meskipun demikian peminat sekolah ini sangat banyak, sehingga setiap tahun jumlah pendaftar meningkat.

Mahasiswa di Politeknik Pariwisata Lombok, sumber ig @poltekparlombok
Mahasiswa di Politeknik Pariwisata Lombok, sumber ig @poltekparlombok

Sekolah ini menyediakan beberapa jurusan vokasi baik itu D3 maupun D4 diantaranya adalah D4 Pengaturan Perjalanan, D3 Seni Kuliner, D3 Tata Hidangan, dan D3 Divisi Kamar. Namun, studi yang paling banyak diminati siswa adalah Pengaturan Perjalanan karena memang itu sering dinilai sangat bermanfaat dan potensial dalam perekrutan.

Pembelajaran untuk setiap prodi juga selalu ada sistem magang atau praktek langsung untuk melatih kemampuan mahasiswa secara langsung di lapangan. Dengan begitu, diharapkan bisa mencetak tenaga ahli yang profesional serta mampu bersainh secara global, mengingat wisatawan Lombok juga banyak dari mancanegara.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Pendidikan tinggi vokasi ini merupakan sekolah pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang pertama berdiri berdasarkan SK Kemenristek Dikti Nomor 416/KPT/I/2017 Tanggal 26 Juli 2017.

Awalnya sekolah ini mempunyai nama Akademi Pariwisata Mataram, namun seiring dengan tingkat kebutuhan dan kemajuan, akademi tersebut berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Sekolah pariwisata ini juga masih berada di bawah naungan Yayasan Kertya Wisata Mataram, sebab dari yayasan itulah sekolah ini dirintis dan berdiri. cafe vokasi khusus

Kiprah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, sumber ig @stpmataram
Kiprah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, sumber ig @stpmataram

Adapun program studi yang ditawarkan ada tiga jurusan yaitu S-1 Pariwisata, D3 Perhotelan, dan D3 Perjalanan Pariwisata. Selain itu juga ada program diklat 1000 hari untuk pelatihan khusus bidang tertentu seperti waiter/waiterss dan sebagainya. Tidak heran jika di sekolah tersebut juga sudah tersedia ruang praktek atau lab khusus seperti lab cafe, kitchen dan restoran.

Selama perjalanannya STP Mataram kini terakreditasi B atau baik. Namun, sekolah tinggi pariwisata ini juga tidak kalah bagusnya dengan politeknik pariwisata Lombok, sehingga juga mempunyai peminat dan pendaftar yang banyak. Bukan hanya itu saja sistem pembelajaran juga sudah sangat berkelas, sehingga nanti diharapkan bisa mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan ahli di bidangnya.

Leave a Reply