Makan dengan Sendok

Kesalahan Yang Biasanya Dilakukan di Rumah Makan

Seseorang ketika pada jam-jam tidak biasa, sibuk dan lain hal sebagainya atau seseorang terkadang ingin mencoba menikmati hidangan di restoran mewah untuk sekali-kali. Biasanya karena pada jam sibuk dan tidak sempat untuk menyiapkan makanan sendiri atau ingin mencoba restoran yang baru ngetrend. Atau juga pada saat janjian dengan teman atau meeting bisa saja terjadi di Restoran untuk menghilang efek jenuh dan bosan di rumang meeting biasanya.

Akan tetapi kebanyakan orang terutama di Indonesia banyak melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan ketika berada di restoran. Karena tentu saja makan di rumah makan biasa dengan makan di restoran mewah akan berbeda suasana dan kondisinya. Sebagai manusia yang baik dan berilmu sudah sepatutnya meletakkan sesuatu sesuai porsinya, dalam hal ini sudah jelas untuk melakukan sesuatu sesuai tempatnya.

Kesalahan Yang Biasanya Dilakukan di Rumah Makan

Nah maka dari itu berikut ini akan kami ulas mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika makan di restoran mahal.

1. Tidak melepas tongkat pengaduk koktail atau hiasan payung

Koktail
Koktail. Source: wikipedia.org

Pada saat di meja makan, barang-barang yang tidak bisa dimakan seperti tongkat pengaduk koktail ataupun hiasan payung yang biasanya ada pada koktail tidak dilepas atau diletakkan. Hal ini justru salah seharusnya benda-benda tersebut diletakkan terlebih dahulu sebelum dinikmati, anda bisa meletakkanya pada pirin roti atau serbet, dan jika ada kesempatan anda bisa membuang benda yang sekiranya sekali pakai seperti hiasan payung ke tong sampah.

2. Tidak menyendok makanan dalan porsi kecil

Makan dengan Sendok
Makan dengan Sendok. Source: radio.com

Saat dalam keadaan lapar sekalipun kita tidak boleh menyendok makanan dalam porsi yang besar. Karena hal ini akan dianggap sebagai orang yang rakus dan tidak sopan. Maka dari itu tunjukkan sikap yang sopan dengan menyendok makanan dalam porsi yang sedikit atau dengan porsi yang sewajarnya. Kemudian kunyah dan telan sampai selesai setelah itu menyendok makanan lagi.

3. Tidak memegang batang gelas pada gelas wine / kotaill

Salah Memegang Gelas Wine
Salah Memegang Gelas Wine. Source: liputan6.com

Pada saat di rumah makan atau restoran tidak jarang kita di suguhi dengan minuman yang memakai gelas wine. Terlepas dari jenis minuman yang kita minum dari gelas wine tentu cara pegangnya akan sama, karena melihat dari bentuk gelasnya. Akan tetapi kebanyakan orang salah dalam memegang gelas wine ini. Orang-orang sering memegang pada bagian badannya dan bukan batangnya. Cara yang benar adalah dengan memegang bagian batangnya.

4. Tidak membelah roti sebelum dimakan

Makan Roti
Makan Roti. Source: eatthis.com

Pada saat memakan pastikan kondisinya sudah terpotong dan mudah disendok tidak dalam kondisi yang masih utuh kemudian memotongnya dengan cara digigit. Ini adalah cara yang salah yang tidak sopan, cara yang benar adalah dengan memotongnya terlebih dahulu ketika masih di atas piring kemudian baru di makan. Jika memang rotinya agak susuah untuk dipotong dengan sendok, maka anda bisa memakai pisau untuk memotongnya

5. Tidak menjauhkan diri ke arah sup

Sup
Sup. Source: mashable.com

Memang agak tidak biasa, tetapi inilah idealnya. Sebisa mungkin untuk meletakkan sup jauh dari posisi anda. Kemudian mendekatkannya dengan menggunakan sendok khusus sup yang memiliki bentuk yang berbeda. Bentuknya lebih bulat dan diameternya agak lebar dari sendok biasanya. Dengan sendok inilah yang digunakan untuk mendekatkan sup dengan posisi anda, dan bukan anda yang mendekati sup.

Itulah beberapa ulasan tentang kesalahan yang dilakukan ketika di rumah makan. Tanpa anda sadari anda melakukan kesalahan-kesalahan, dan kesalahan ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Memang benar jika sebuah kesalahan yang dilakukan terus menerus akan diangap bukan kesalahan. Maka dari itu mulai sekarang perbaiki keseharian anda terutama etika ketika di rumah makan.

Memang jika rumah makan adalah tempat umum. Tetapi menjaga etika saat makan bukan tidak mungkin untuk tetap dilakukan. Jika anda sedang berwisata atau berada di daerah lombok, jangan lupa untuk mampir ke rumah makan di lombok, dan juga jika kalian berada di jogja jangan lupa untuk mampir ke rumah makan jogja, hehe bercanda. Sampai jumpa diartikel Tribrata News lainnya banyak informasi bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply