Rekomendasi Kuliner Rooftop Pasar Prawirotaman Yang Perlu Anda Coba

Rekomendasi Kuliner Rooftop Pasar Prawirotaman Yang Perlu Anda Coba

Ingin mencoba sesuatu yang baru untuk liburanmu di Yogyakarta? Yuk, cek rooftop Pasar Prawirotaman. Spot ini cocok untuk bercengkrama bersama teman-teman dan keluarga sembari menikmati kuliner yang bervariasi dan suasana senja di Yogyakarta. Bisa juga menikmati suasana malam di Yogyakarta yang gemerlap.

Mengenal Pasar Prawirotaman

Pasar Prawirotaman sendiri adalah pasar tradisional yang berdiri sejak 1930-an. Lokasinya di Jalan Parangtritis No.103 Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Cukup dekat dengan wisata kraton Yogyakarta. Pasar Prawirotaman menjadi salah satu pasar tradisional dengan nilai sejarah dan ekonomi yang kuat di Yogyakarta. 

Pasar Prawirotaman sangat lekat dengan nilai budaya lokal dan tradisional. Pasar ini menyediakan beraneka sayuran, buah-buahan, dan barang-barang yang biasa dijual di pasar. Tidak hanya menarik warga lokal, wisatawan mancanegara yang singgah juga kerap mengunjungi Pasar Prawirotaman.

Revitalisasi Pasar Prawirotaman

Seiring berjalannya waktu, Pasar Prawirotaman mulai berubah. Pasar Prawirotaman mengalami revitalisasi pada akhir tahun 2020. Bangunan empat lantai ini mendapat fasilitas baru yaitu rooftop pada lantai lima yang diresmikan tahun 2021. Rooftop pada pasar tradisional ini menawarkan pengalaman wisata kuliner baru.

Rooftop Pasar Prawirotaman menjadi salah satu langkah untuk memutar kembali  roda perekonomian masyarakat setelah pandemi Covid-19. Spot ini menjadi salah satu ekosistem bagi pengusaha di ranah ekonomi kreatif yang terbagi dalam 5K. Apa itu 5K? Kota, Kampung, Komunitas, Kampus, dan juga Korporasi.

Rekomendasi Kuliner Rooftop Pasar Prawirotaman Yang Perlu Anda Coba
Pemandangan rooftop pasar prawirotaman. Sumber: Google.com

Pasar Prawirotaman menerapkan beberapa aturan bagi pelaku ekonomi atau pengusaha yang ingin membuka usaha di sana. Para pelaku ekonomi atau pengusaha harus mengajukan permohonan pada pihak berwenang. Sehingga, mereka bisa mendapatkan tempat dan tarif sewa.

Fasilitas Pasar Prawirotaman

Rooftop Pasar Prawirotaman menyediakan ruang terbuka dengan banyak fasilitas menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Setidaknya, ada 12 anjungan kuliner yang menawarkan beraneka hidangan. Selain itu, terdapat juga co-working space, ruang seminar, meeting room, studio digital, hingga panggung hiburan.

Fasilitas yang terdapat di Pasar Prawirotaman disewakan bagi pihak-pihak yang ingin beraktivitas di sana. Untuk anjungan kuliner, biasanya disewakan per tahun. Sementara fasilitas seperti co-working space, meeting room, studio digital dan panggung hiburan disewakan sesuai kebutuhan para penyewanya.

Kampus dan universitas menjadi salah satu pelaku ekonomi kreatif yang bisa memanfaatkan fasilitas di Rooftop Pasar Prawirotaman. Event-event kampus bisa diadakan dengan menggunakan ruang seminar, meeting room, hingga panggung yang dilengkapi dengan sound system yang representatif.

Komunitas dan start-up juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Rooftop Pasar Prawirotaman. Pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan ruang-ruang pembiayaan yang bekerjasama dengan bank provider. Sehingga, permasalahan permodalan, perizinan, pembuatan NPWP dan HO bisa diurus di Rooftop Pasar Prawirotaman.

Cicipi Kuliner di Pasar Prawirotaman

Rekomendasi Kuliner Rooftop Pasar Prawirotaman Yang Perlu Anda Coba
Apa saja kuliner yang ada di rooftop pasar prawirotaman? Sumber: Google.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Rooftop Pasar Prawirotaman menyajikan pesona dan pengalaman wisata kuliner sambil menikmati suasana Kota Yogyakarta. Apa saja, sih, makanan khas yang tersedia di sini? Berikut beberapa rekomendasi tenant kuliner yang bisa Anda kunjungi dan cicipi hidangannya!

1. Djadjan Moerni 78

Tenant ini menyediakan beraneka macam es tradisional hingga modern dengan Es Teler sebagai menu favoritnya. Es Teler ini sangat enak dengan perpaduan bahan-bahan dan kuah yang manis. Selain itu ada juga es kelapa yang segar. Menu di sini dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp.10.000,00 saja!

2. TPF Kopi Warung

TPF merupakan singkatan dari The French Press. Tenant ini menawarkan hidangan ala barat dengan sentuhan nusantara. Tersedia dua kategori hidangan, yaitu sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch). Anda bisa menikmati aneka kreasi daging, salad, sandwich, dan pancake mulai dari Rp.10.000,00 saja loh!

3. Grillax

Jika Anda ingin makan hidangan Jepang dan Korea dengan suasana Yogyakarta, jangan lupa mampir Grillax. Grillax menyediakan menu yang menarik seperti Bulgogi, Bibimbap, Ramen, Chicken Teriyaki, dan juga Sushi. Grillax menyediakan area outdoor dan indoor. Harga menunya mulai Rp.20.000,00.

4. Steak Moen-Moen

Rekomendasi Kuliner Rooftop Pasar Prawirotaman Yang Perlu Anda Coba
Steak Moen-Moen. Sumber: Google.com

Makan steak di pasar tradisional tidak lagi mustahil. Rooftop Pasar Prawirotaman memiliki Steak Moen-Moen. Tenant ini menyajikan hidangan steak dengan harga yang ramah di kantong. Anda bisa menikmati menu steak ayam dan sapi dengan harga mulai dari Rp.16.000,00 saja. Ada juga kentang goreng yang lezat!

5. Mie Pentil

Ingin merasakan sensasi mie dari singkong, cobalah Mie Pentil. Apa itu Mie Pentil? Mie Pentil terbuat dari singkong yang diberi bumbu dan sambal. Sehingga memiliki citarasa gurih pedas dan enak. Harga Mie Pentil juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp.2.000,00 saja dan Anda bisa menikmati Mie Pentil yang lezat ini.

6. Toko Roti Manis di Bibir

Anda mencari Cinnamon Roll? Atau brownies di area Rooftop Pasar Prawirotaman? Toko Roti Manis di Bibir jadi solusinya. Tenant ini menyediakan roti-roti enak yang masih fresh dengan harga yang terjangkau. Mulai dari Rp.10.000,00 sampai Rp.110.000,00 untuk roti yang hangat dan enak.

7. Aneka Jajanan Tradisional

Bergeser sedikit dari rooftop, Pasar Prawirotaman juga menyediakan jajanan tradisional yang bisa Anda nikmati. Sebut saja carabikang, lupis ketan, gendhar dan geplak, dan masih banyak lagi. Tentu saja harganya sangat terjangkau untuk rasa yang tak lekang oleh waktu.

Demikian sedikit ulasan mengenai Rooftop Pasar Prawirotaman. Tidak ada salahnya Anda menyelipkan Pasar Prawirotaman ke daftar tempat yang bisa Anda kunjungi saat wisata ke Kota Yogyakarta. Selain harganya murah, tempatnya juga nyaman dan gampang dijangkau. Simak terus ulasan lainnya! 

Tinggalkan Balasan