4 Perpustakaan Di Jogja Yang Bisa Anda Kunjungi 

4 Perpustakaan Di Jogja Yang Bisa Anda Kunjungi 

Perpustakaan di Jogja jumlahnya tidaklah sedikit, sebab Jogja merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia. Pun, Jogja banyak sekali histori perjuangan rakyat semasa kolonialisme dahulu.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika sedikit dikulik tentang perpustakaan apa saja yang berada di Jogja. Tentunya setiap perpustakaan memiliki karakteristiknya masing – masing, begitu juga koleksinya sangatlah beragam. 

Namun, perlu diketahui bahwa perpustakaan adalah tempat atau institusi yang menyediakan koleksi buku, majalah, dan sumber informasi lainnya yang dapat dipinjam atau digunakan oleh masyarakat untuk tujuan pendidikan, penelitian dan rekreasi. 

Nah, dengan istilah yang seperti ini dan Jogja terkenal dengan kota pendidikan di Indonesia maka bukan hal yang sulit untuk menemukan perpustakaan di Jogja. 

Perpustakaan di Jogja 

Banyak perpustakaan di Jogja yang bisa menjadi tempat tujuan untuk penelitian, observasi  hingga rekreasi bersama keluarga. Tentunya bisa digunakan sebagai bahan edukasi kepada anak – anak Anda tentang dunia literasi sejak dini. Sebab, ketika tidak dikenalkan sejak dini maka hal tersebut akan berlalu begitu saja. 

Adapun beberapa perpustakaan di Jogja yang bisa menjadi tujuan Anda diantaranya : 

1. Perpustakaan Nasional Cabang Jogja

4 Perpustakaan Di Jogja Yang Bisa Anda Kunjungi 
Grhatama Pustaka (Perpustakaan Nasional Cabang Jogja). Sumber: Google.com

Perpustakaan nasional republik Indonesia memiliki cabang di Jogja. Cabang ini menyediakan berbagai macam koleksi buku, majalah dan beberapa arsip – arsip lainnya. Beberapa hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai bahan pengetahuan, penelitian dan observasi. 

Banyak fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan ini, mulai dari berbagai buku, majalah dan jurnal berbagai macam genre yang tersedia. Termasuk di dalamnya juga terdapat ruang baca yang nyaman, ruang konsultasi tentang berbagai macam hal seputar perpustakaan tersebut dan ada juga akses komputer dan tentunya internet. Adapun layanan yang tersedia Anda bisa melakukan peminjaman buku di perpustakaan tersebut, tentu syaratnya adalah Anda mesti menjadi anggota dari perpustakaan. 

Dan, penting bagi Anda juga untuk menghubungi hotline yang tersedia dan mengunjungi situs perpustakaan untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang perpustakaan nasional cabang Jogja tersebut. 

2. Perpustakaan Kota Jogja

4 Perpustakaan Di Jogja Yang Bisa Anda Kunjungi 
Perpustakaan Kota Jogja. Sumber: Google.com

Perpustakaan kota Jogja atau lebih dikenal dengan perpustakaan kota Gadjah Mada, perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan yang cukup terkenal di Yogja. Perpustakaan kota terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Malioboro No. 72, Suryatmajan, Danurejan. 

Perpustakaan ini didirikan pada tanggal 12 Agustus 2009, hal tersebut diinisiasi oleh pemerintah Jogja dengan tujuan untuk menyediakan akses akan bahan bacaan kepada masyarakat Jogja. Pendirian perpustakaan ini sejalan dengan upaya akan peningkatan mutu literasi dan pengetahuan di kalangan masyarakat Yogja. 

Banyak buku, majalah dan jurnal – jurnal yang bisa Anda jumpai di perpustakaan ini. Tentunya dari banyaknya koleksi buku di perpustakaan ini bisa Anda baca dan pinjam, untuk peminjaman buku pastinya ada beberapa hal yang mesti dipenuhi. Ada juga ruang baca yang cukup menarik dan nyaman yang tersedia di dalamnya. 

Selanjutnya, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs resmi perpustakaan tersebut, tentunya banyak hal menarik yang bisa Anda peroleh dari perpustakaan tersebut. 

3. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Perpustakaan universitas Gadjah Mada didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Perpustakaan ini merupakan bagian yang integral dari Universitas Gadjah Mada, tentunya perpustakaan ini menjadi bagian penting dari kegiatan akademis, penelitian dan pengembangan ilmu di lingkungan universitas. 

Koleksi dari perpustakaan ini cukup banyak dan beragam, mulai dari buku hingga berbagai macam jurnal yang dihasilkan oleh para mahasiswa. Perpustakaan ini juga menjadi salah satu venue yang sering digunakan untuk melakukan berbagai seminar dan pelatihan – pelatihan yang menunjang akan kegiatan literasi di lingkungan universitas. 

4 Perpustakaan Di Jogja Yang Bisa Anda Kunjungi 
Koleksi buku di salah satu ruangan Perpustakaan UGM. Sumber: Google.com

Ada berbagai macam koleksi khusus dan langka yang hanya terdapat di perpustakaan ini, begitu juga arsitektur yang menarik pun tentunya menjadi daya tarik lebih. Beberapa hal yang menarik tersebut mampu menjadikan perpustakaan ini sebagai episentrum pembelajaran, penelitian dan observasi dari berbagai bidang keilmuan. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi perpustakaan tersebut maka informasi yang lebih detail bisa mengunjungi situs web resmi dari perpustakaan Universitas Gadjah Mada tersebut. 

4. Perpustakaan Keraton Jogja

Perpustakaan keraton berlokasi di kompleks keraton Yogyakarta, perpustakaan ini juga dikenal sebagai perpustakaan koleksi dan dokumentasi istana ngayogyakarta hadiningrat. 

Perpustakaan ini memiliki koleksi yang melibatkan berbagai macam manuskrip kuno, dokumen sejarah dan berbagai macam benda bersejarah lainnya yang terkait dengan keraton dan sejarah Yogya pada umumnya. Lingkungan perpustakaan yang kuno dan orisinil menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Perpustakaan ini cocok bagi pegiat sejarah, sebab di perpustakaan ini banyak manuskrip dan teks – teks sejarah yang tersimpan. Meskipun untuk mengakses manuskrip dan teks tersebut tidak semua orang bisa dan diizinkan. 

Tentunya wisata keraton Jogja yang cukup menarik, begitu juga pastinya perpustakaan ini bisa Anda kunjungi. Sekaligus untuk lebih menambah wawasan tentang dunia sejarah dan apa saja yang terjadi di masa lampau. 

Itulah beberapa perpustakaan di Jogja yang bisa Anda kunjungi, menjadi tempat yang yang menarik untuk menambah wawasan, melakukan observasi dan penelitian. Tidak lupa juga bahwa beberapa perpustakaan tersebut bisa menjadi alternatif tempat rekreasi, tentunya mencoba untuk lebih mengenalkan dunia literasi dan sejarah kepada keluarga. 

Informasi Seputar Jogja

Jogja terkenal dengan kota pendidikan, tentunya banyak hal yang menunjang dari slogan tersebut dan salah satunya adalah perpustakaan yang berada di Jogja. Dan tentunya masih banyak hal lain yang mampu menunjang dari slogan tersebut. 

Oleh karena itu, kami tribratanewsjogja.com hadir untuk memberikan berbagai macam informasi seputar Jogja yang perlu Anda ketahui. Sebab, Jogja tidak pernah habis untuk selalu dibahas. 

Begitu juga kami tribratanewsjogja.com hadir memberikan informasi secara umum lainnya, tentang bisnis dan otomotif misalnya. Untuk lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website kami. 

Tinggalkan Balasan