PO Bus

Mengenal Lebih Dekat PO Bus Rute Jogja-Jakarta Terfavorit

Dalam melakukan perjalanan tentunya menggunakan moda transportasi umum menjadi salah satu pilihan setelah moda transportasi pribadi. Tujuan atau rute dengan jarak yang cukup jauh harus ditentukan moda transportasi apa yang cocok dan tentunya dengan harga terjangkau.

Moda transportasi bus sudah bukan moda transportasi asing lagi yang digunakan dalam mencapai tempat tujuan, harga yang relative murah dan ditmbah dengan beberapa fasilitas pendukung membuat penumpangnya akan merasa nyaman walaupun melakukan perjalanan jauh.

Inilah yang telah dihadirkan oleh PO Bus dalam memberikan berbagai fasilitas pendukung untuk menunjang kenyamanan penumpangnya dalam perjalanan. Jadi tak perlu khawatir lagi ketika ingin melakukan perjalanan antar kota menggunakan Bus. Apalagi kalian yang menggunakan tas ransel dalam berpergian sehingga, moda transportsi Bus bisa menjadi rekomendasi bagi.

Dengan terus dilakukannya perkembangan infarastruktur terutama jalan tol, membuat para PO Bus sudah mulai membuka berbagai rute bukan hanya antar kota atau dalam hal ini adalah hanya rute dalam kawasan pulau Jawa tetapi, sudah bisa dijangkau rute antar pulau dan rute yang dijangkau tersebut hanya Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali.

Salah satu moda transportasi selain Bus yang banyak juga peminatnya adalah elf dimana, moda tranportasi ini hanya dapat diisi oleh 8-10 orang tergantung jenis elf. Salah satu contoh usaha yang menyediakan jasa penyewaanya adalah sewa elf Jakarta bisa menjadi rekomendasi transportasi ketika berlibur atau berkunjung ke Jakarta.

Gimana, semakin tertarik melakukan perjalanan menggunakan Bus dan jika Anda ingin melalukan perjalanan dengan rute Jogja-Jakarta berikut ini beberapa PO Bus terfavorit pada rute ini diantaranya:

1. Sumber Alam

po sumber alam
Bus Sumber Alam, sumber: otomotif.kompas.com

Sumber Alam merupakan salah satu PO Bus yang mendominasi perjalanan antar kota di pulau Jawa dan sudah tidak asing lagi jika Anda yang sering berpergian dengan menggunakan moda transportasi rute Jogja-Jakarta atau sebaliknya pasti akan menemukan PO Bus ini dalam dafatar list Bus dengan rute tersebut.

Sejarah dari Bus ini berawal dari keluarga yang telah lama berkecimpung dalam bisnis penyedia jasa atau usaha transportasi yang telah dimulai sejak tahun 1969 oleh pendirinya Ibu Thung Tjie Hing dan awalnya bernama PO Tresna. Usaha transportasi ini tidak berhenti hanya pada Ibu Thung Tjie Hing tetapi, juga diwariskan kepada genarasinya dan beberapa kali mengganti nama seperti PO Hidup Baru.

Baca juga: Type Mobil Murah Yang Cocok Untuk Usaha Rental

Dengan terus berjalannya waktu dan seling bergantinya genarasi akhirnya pada tahun 1975 dijadikan perusahaan keluarga oleh Bapak Judi Setijawan Hambali yang merupakan cucu dari Ibu Thung Tjie Hing dengan nama PO Sumber Alam hingga sampai saat ini.

Sumber Alam memiliki kantor pusat di Puwerejo, Jawa Tengah dan rute yang dilayanai hanya Jogja-Jabodetabek dan sebaliknya Jabodetabek-Joga. Terhitung sudah melayani rute Jogja-Jakarta atau sebaliknya dari tahun 1975, jadi tidak bisa diragukan lagi akan pelayanan yang diberikan kepada para penumpangnya baik dari segi kenyaman dan fasilitas pendukung lainnya.

Dengan menghadirkan berbagai pilihan keslas mulai dari AC toilet, Ac non-toilet, ekonomi AC, hingga ekonomi non-AC dan didukung dengan jenis Bus dengan merk Mercedes Benz dan Hino. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp. 180.000 dan harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

2. Sinar Jaya

po sinar jaya
Bus Sinar Jaya, sumber: 7saudara.com

Sinar Jaya bisa dikatakan merupakan PO Bus yang sudah memiliki tempat khusus di hati para pelanggannya, bagaiamana tidak PO Bus ini sudah terjun melayani rute Jogja-Jakarta atau sebaliknya mulai dari tahun 1982. Dengan pengalamannya tersebutlah yang menjadikan PO Bus ini maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik dan juga berbagai fasilitas yang dibutuhkan selama perjalanan.

Sejarahnya PO Bus Sinar Jaya telah berdiri sejak tahun 1982 dan terus berkembang sampai saat ini. Pada awal berdirinya Bus ini dikenal dengan sebutan Bus Kapsul, karena model bus pada saat itu tengahmenjadi trend yang diminati dikalangan PO dan masyarakat.

Kenyamanan para penumpangnya menjadi salah satu prioritas utama, disisi lain juga PO Bus ini masih tetap memperhatikan harga yang terjangkau, sehingga masih ramah didompet dan tetap bisa dijangkau oleh para penumpanya. Ini juga merupakan salah alasan mengapa PO Bus Sinar Jaya dipercaya untuk menjadi pilihan Bus oleh penumpangnya ketika berpergian dengan rute Jogja-Jakarta atau sebaliknya dan rute lainnya.

Fasilitas yang ditawarkan seperti kelas executive dan biasa (ekonimi) dengan fasilitas diantaranya AC, toilet, air mineral, bantal, selimut, reclining seat, tv led, dan lainnya. untuk harga tiketnya mulai dari Rp. 158.000 sampai Rp.350.000 tergantung dengan titik penjemputan dan kelas yang dipilih. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan dan ketentuan dari PO Bus Sinar Jaya, jadi selalu update harga tiketnya sebelum melakukan perjalanan.

3. Santoso

po bus santoso
Bus Santoso, sumber: elvantra.blogspot.com

PO Santoso merupakan salah satu operator Bus yang memiliki slogan “Melegenda dan Tetap Terpercaya” dan memiliki base di Tidar, Magelang. Ternyata PO Santoso juga sudah lama eksis melayani masyarakat baik dari rute Jogja-Jakarta atau sebaliknya dan rute lainnya.

Diawal endiriannya PO Santoso hanya melayani rute Jogja-Magelang-Semarang pulang pergi (PP) dan Gomobongan-Purworejo-Magelang-Semarang. Berbekal Mitsubhisi Fuso T653 dan Mercendes Benz LP 911 PO Santoso percaya diri mampu malayani masyarakat dengan maksimal pada saat era 70-an.

Dengan terus berkembang hingaa samapai saat ini sudah memiliki banyak armada Bus dengan berbagai kelas dan rute yang ditawarkan ditambah beberapa fasilitas pendukung dalam menunjang para penumpang selama melakukan perjalanan.

Pelayanan yang prima dan mengahadirkan beberapa kelas baru baik VIP dan Executive dengan harga tiket yang bervariasi sesuai dengan titik penjemputan dan fasilitas yang dipilih. Untuk harganya dimulai dari Rp. 185.000 sampai Rp. 200.000.

4. Ramayana

po ramayana
Bus Ramayana, sumber: twitter: @adisasongkoo

PO Bus Ramayana merupakan PO Bus dengan mengangkat nama nya dari salah satu legenda Jawa dalam cerita agama hindu yaitu, rama dan sinta. Tak berhenti sampai disitu ternyata dibalik namanya juga menjadikan PO Bus ini terkenal dengan kenyamanannnya dalam melayani perjalanan rute Jogja-Jakarta atau sebaliknya dan rute lainnya.

Hal yang membuat nyaman ternyata bukan karena armada Bus dengan model terbaru atau dengan fasilitas yang lengkap atau bahasa saat ini adalah kekinian, melainkan spce kaki ekstra luas dan hanya terdapat 28 seat dalam satu Bus (kelas executive).

Sejarah dari PO Bus Ramayana sudah dimulai sejak tahun 1980 dan memiliki kantor berpusat di Muntilan, Magelang, Jawa tengah. Untuk rutenya sendiri melayani mulai dari perjalanan Antar Kota Dalm Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan perjalanan wisata (Parawisata). Didukung dengan total kurang lebih 60 armada Bus yang terawat dan juga bersih.

Baca juga: Cara Mengisi Air Aki Mobil dengan Aman dan Mudah

Mungkin Anda yang belum pernah melakukan perjalanan rute Jogja-Jakarta bisa menncobanya dan rasakan bagaimana pelayanan dan juga kebersihan yang selalu dijaga untuk setiap armada dari PO Bus Ramayana. Untuk haraga tiketnya sendiri mulai dari Rp. 125.000 sampai Rp. 225.000 sesuai dengan titik penjemputan dan kelas yang dipilih oleh penumpang dan harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari PO Bus Ramayana.

Itulah beberapa Bus rute Jogja-jakarta terfavorit yang bisa disampaikan dan masih banya lagi PO Bus lainnya dengan rute sama   yang memberikan pelayanan terbaik dan fasilitas pendukung dalam perjalanan. Semoga dengan informasi yang diberikan bisa bermanfaat dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply