Mempelajari indra penciuman di Musium Tubuh. Sumber: jtp.id

3 Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Museum Tubuh

Museum tubuh atau The Bagong Adventure merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Jawa Timur. Tak hanya memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan, museum ini juga memberikan edukasi tentang anatomi tubuh manusia secara komprehensif.

Museum tubuh menjadi tempat wisata edukasi anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia, bahkan menjadi yang terbesar di Asia. Berdiri di area 1 hektar, museum ini memiliki bentuk yang unik dengan bentuk relief tubuh manusia karakter Bagong.

Bagong adalah salah satu tokoh wayang terkenal dari empat sekawan pewayangan Jawa yaitu Semar, Petruk, Gareng dan Bagong. Karakter Bagong sengaja dipilih karena memiliki karakter paling unik dan cerdik.

Sarana di The Bagong Adventure atau Museum Tubuh

Liburan menjadi salah satu kegiatan yang berharga dan menyenangkan bagi kebanyakan orang. Tak hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang tua dan anggota keluarga lainnya. Salah satu tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak adalah The Bagong Adventure atau museum tubuh.

The Bagong Adventure. Sumber: google.com
The Bagong Adventure. Sumber: google.com

Di ini, pengunjung bisa menemukan beberapa zona yang berisi bagian tubuh manusia. Ada zona gigi, zona telinga, zona otak, zona pembuluh darah, zona hidung, zona mata dan masih banyak lainnya.

Menariknya, saat Anda berjalan-jalan disana, Anda bisa check up dengan tenaga medis seperti cek kolesterol, cek darah, cek gula darah, cek asam urat, cek kesehatan mata dan cek lainnya secara gratis.

Fasilitas di Museum Tubuh

Seperti Heha Sky View di Yogyakarta yang merupakan tempat wisata dengan fasilitas dan sarana lengkap, Museum Tubuh selain dilengkapi dengan beberapa sarana yang memadai juga sudah memiliki fasilitas lengkap diantaranya ada foodcourt, alat peraga, permainan interaktif dan lain sebagainya.

Dengan adanya foodcourt pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat berjalan-jalan di Museum tubuh. Pengunjung bisa langsung membeli minuman dan makanan yang sudah tersedia di sana. Selain menawarkan berbagai macam makanan yang ada di foodcourt The Bagong Adventure atau Museum Tubuh juga menyediakan toko oleh-oleh dengan beragam pilihan mulai dari makanan dan pakaian dari tempat wisata tersebut.

Ada beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar selama berada di dalam seperti tidak diperbolehkan membawa bekal berupa makanan atau minuman dari luar, membawa senjata tajam atau membawa binatang peliharaan hingga tidak diperkenankan untuk mencoba atau merusak wahana yang tidak sesuai aturan yang tersedia.

Disamping itu, Museum Tubuh juga sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet umum yang bersih dan nyaman. Setiap pengunjung bisa menggunakannya tanpa khawatir kotor dan bau.

Harga Tiket dan Aksesibilitas Museum Tubuh

Museum tubuh atau the Bagong adventure buka setiap hari mulai dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 16.30. Untuk hari biasa harga tiket di Bagong adventure dibanderol hanya 49 ribu, sedangkan saat hari libur hanya 70ribu. Harga semurah itu dengan fasilitas dan sarana yang bisa Anda nikmati tentu sangat worth it.

Tidak hanya harga tiket yang murah akses jalan untuk sampai ke wisata Museum tubuh juga sangat mudah dilalui baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Apabila Anda berangkat dari kota Malang Anda bisa sampai di kota wisata tersebut hanya dengan waktu 30 menit.

Nah bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa menggunakan salah satu dua jalur alternatif yaitu melewati jalan Ahmad Yani kemudian berbelok di daerah karanglo atau juga bisa jalan lurus dengan melewati jalan Tlogomas.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama di Museum Tubuh

Meski merupakan tempat wisata edukasi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan banyak kegiatan yang menarik di sana berikut ini ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berlibur ke tempat wisata edukasi ini.

1. Menggali Pengetahuan Tentang Tubuh Manusia

Kegiatan seru pertama yang bisa dilakukan saat berada di the Bagong adventure atau museum tubuh adalah menggali pengetahuan tentang apa saja anatomi tubuh manusia. Anda bisa melihat dengan jelas detail-detail apa saja yang ada di beberapa bagian tubuh manusia.

Mempelajari indra penciuman di Musium Tubuh. Sumber: jtp.id
Mempelajari indra penciuman di Musium Tubuh. Sumber: jtp.id

Anda bisa melihat detail mata di zona mata atau Jika Anda ingin melihat bagian-bagian saraf yang ada di telinga Anda bisa melihatnya di zona telinga. Hebatnya lagi di setiap zona sudah disediakan alat peraga dan papan penjelasan yang akan membantu proses belajar saat pengunjung melihat dari dekat.

2. Berdiri dengan Alat Peraga di Museum Tubuh

Selain bisa menggali informasi tentang anatomi tubuh anatomi tubuh manusia Anda juga bisa mengambil gambar dengan berfoto di beberapa bagian alat peraga Museum Tubuh. Museum ini memiliki alat peraga dengan ukuran yang besar sehingga menarik untuk dijadikan spot foto atau latar belakang foto anda.

3. Bermain dengan Permainan Interaktif

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih seru dan menyenangkan anda bisa bermain permainan interaktif di Museum tubuh ini. Anak-anak bisa bermain permainan interaktif dengan alat-alat yang sudah disediakan di setiap zona.

Belajar tentang tubuh melalui permainan. Sumber: jtp.id
Belajar tentang tubuh melalui permainan. Sumber: jtp.id

Keberadaan teknologi modern yang satu ini tentu akan membantu para pengunjung untuk lebih mudah dalam menggali informasi tentang anatomi tubuh manusia. Selain itu banyaknya kegiatan seru yang bisa dilakukan di the Bagong adventure atau museum tubuh Kota batu ini membuatnya cocok untuk dijadikan pilihan wisata bersama keluarga.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui informasi dan artikel seputar bisnis, informasi menarik dan otomatis Anda bisa membacanya disini.

Tinggalkan Balasan