Mobil listrik dianggap sebagai solusi untuk kendaraan ramah lingkungan. Sumber: Istockphoto.com

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Sebelum Menggunakannya

Diketahui mobil listrik menjadi kendaraan yang ramah akan lingkungan, disamping tidak menimbulkan polusi udara karena mampu menekan emisi karbon, mobil listrik juga tidak menciptakan kebisingan karena minim suara. Namun sebelum Anda menggunakannya ketahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik tentunya.

Saat ini mobil listrik menjadi kendaraan yang populer di Indonesia, banyaknya masyarakat yang mencoba melakukan peralihan dari mobil biasa ke mobil listrik lantaran lebih ramah lingkungan. Sumber energi yang diperoleh dari kendaraan tersebut yaitu berasal dari baterai yang diisi ulang. Biasanya akan memakan waktu kurang dari 7 jam untuk pengisian dayanya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Tak hanya di Indonesia saja, saat ini mobil listrik terus mengalami perkembangan dan populer di seluruh dunia. Mobil listrik merupakan inovasi terbaru dunia otomotif yang keberadaannya akan mempengaruhi cara pandang kita terhadap kendaraan bermotor. Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, berikut penjelasannya.

1. Kelebihan: Ramah Terhadap Lingkungan

Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa mobil listrik merupakan kendaraan yang ramah akan lingkungan. Disamping tidak menimbulkan polusi udara kendaraan tersebut juga minim akan suara. Tidak seperti kendaraan konvensional pada umumnya, mobil listrik tidak mengeluarkan gas beracun yang bisa membahayakan bagi bumi dan kesehatan manusia.

Mobil listrik dianggap sebagai solusi untuk kendaraan ramah lingkungan. Sumber: Istockphoto.com
Mobil listrik dianggap sebagai solusi untuk kendaraan ramah lingkungan. Sumber: Istockphoto.com

Keberadaan mobil listrik dapat menekan adanya peningkatan CO2, yang mana hal tersebut termasuk salah satu penyebab dari pemanasan global yang ada di bumi. Walaupun demikian, perlu diketahui oleh pemerintah tentang penggunaan listriknya tidak menggunakan pembangkit listrik konvensional namun menggunakan energi yang terbarukan tentunya.

2. Performa Mesin yang Halus

Poin kedua mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik yaitu performa mesin dari kendaraan terbilang halus. Tak seperti dengan kendaraan konvensional pada umumnya, menaiki mobil listrik tidak akan merasakan kebisingan yang ditimbulkan oleh mesin kendaraan dan juga jauh lebih mulus.

Tenaga yang digunakan oleh mobil listrik berasal dari baterai yang akan menggerakkan roda pada kendaraan. Tak hanya itu, komponen mekanik dalam kendaraan tersebut juga tidak ada sehingga ketika digunakan mobil tidak memiliki suara dan tidak ada getaran dari mesin sehingga akan lebih nyaman bagi pengendaranya.

3. Perawatan Lebih Mudah

Perlu kita ketahui nyatanya perawatan mobil listrik lebih mudah ketimbang mobil konvensional pada umumnya. Salah satunya yaitu mobil listrik tidak memiliki mesin bakar yang harus dirawat secara rutin, seperti dengan penggantian oli mobil secara rutin setiap bulan pada mobil konvensional.

Tak hanya itu, baterai mobil listrik juga mudah untuk dicopot dan dipasang sehingga memudahkan dalam perawatannya. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan kebersihan dari mobil tersebut, mulai dari interior, eksterior, dan mesinnya. Karenanya perlu untuk ke salon mobil supaya kendaraan tampak bersih dan terawat.

4. Terdapat Fitur Keselamatan yang Lebih Maju

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Sebelum Menggunakannya
Keselamatan dan keamanan mobil listrik lebih modern. Sumber: Istockphoto.com

Poin keempat mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik yaitu adanya fitur keselamatan yang lebih maju ketimbang mobil konvensional pada umumnya. Untuk dari segi keamanannya mobil listrik memiliki struktur body lebih kuat yang berfungsi untuk melindungi baterai mobil tersebut. 

Perlu kita ketahui struktur body yang ada pada mobil listrik membuatnya tahan akan benturan. Tak hanya itu performa lain yang menakjubkan yaitu adanya sistem ITS (Intelligent Transport System) yaitu sistem transportasi cerdas dan juga terkoneksi. Kelebihan lain dari sistem tersebut yaitu mengenai pengenalan jalan dan pengendalian suhu lebih baik tentunya.

5. Kekurangan: Harga Mobil Listrik Cenderung Lebih Mahal

Melihat dari harganya yang cenderung lebih mahal menjadi salah satu kendala yang ada pada masyarakat. Pada umumnya, memang mobil listrik memiliki harga yang cenderung mahal ketimbang mobil konvensional. Namun, harga yang cenderung tinggi tersebut disebabkan juga karena beberapa faktor tentunya.

Beberapa faktor yang mendasarinya terkait harga mobil listrik yang cenderung tinggi yaitu baterai pada mobil listrik terbilang mahal. Tak hanya itu, untuk proses produksinya juga memerlukan teknologi tinggi dan juga membutuhkan peralatan- peralatan elektronik yang mahal. 

6. Masih Sedikitnya Tempat untuk Pengisian Baterai

Poin selanjutnya mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik yaitu mengenai masih sedikitnya tempat untuk melakukan isi ulang baterai. Tak seperti dengan tempat pengisian bahan bakar minyak untuk kendaraan konvensional yang sudah tersebar dimana-dimana, tempat untuk pengisian baterai mobil listrik terbilang masih sedikit.

Walaupun penggunaan mobil listrik terus mengalami perkembangan, namun untuk ketersediaan tempat pengisian baterai masih jauh dibandingkan dengan tempat pengisian bahan bakar untuk mobil konvensional. Karenanya masyarakat masih lebih tetap memilih untuk menggunakan mobil biasa ketimbang kendaraan listrik tersebut.

7. Waktu Pengisian Daya yang Lama

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Sebelum Menggunakannya
Pengisian daya mobil listrik memakan cukup banyak waktu. Sumber: Istockphoto.com

Kekurangan lain yang menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan mobil listrik yaitu lamanya waktu pengisian daya. Namun, lambat laun kendala tersebut bisa diatasi dengan menghadirkan adanya teknologi fast charging untuk mempercepat pengisian daya supaya tidak membutuhkan waktu yang sangat lama.

Hal tersebut tidak akan menjadi masalah ketika mobil listrik digunakan untuk sehari-hari  seperti untuk pergi ke kantor, berbelanja, atau bepergian ke tempat-tempat yang masih dalam satu kota. Karena jarak tempuh yang tidak jauh, maka tidak akan takut kehabisan daya ketika digunakan.

8. Harga Baterai yang Mahal

Selain memiliki waktu pengisian daya yang lama, harga baterai mobil listrik yaitu cenderung mahal, yang mana bisa mencapai hingga 20-30% dari harga kendaraannya sendiri. Tak perlu khawatir, harga dari baterai mobil listrik tentunya bervariasi dilihat dari modelnya, kapasitas pengisian, dan juga teknologi mobil tersebut.

Nyatanya, mobil listrik juga masih perlu menggunakan aki yang mana berfungsi untuk menghubungkan ke alternator yang terintegrasi dengan mobil tersebut. Tak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui cara mengisi air aki yang benar dan aman supaya performa pada mobil tetap prima dan bagus.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang patut anda ketahui terlebih dahulu sebelum untuk memutuskan menggunakannya. Anda bisa melihat artikel-artikel menarik yang lainnya pada website ini tribratanewsjogja.com.

Tinggalkan Balasan