Pusat Furniture Jogja. Sumber Santaifurniture

Cari Furniture Berkualitas? Temukan Di 7 Pusat Furniture Jogja Berikut

Tidak hanya terkenal dengan budaya, anda juga bisa menemukan beberapa daerah yang menjadi pusat furniture Jogja. Furniture, atau disebut juga sebagai mebel, menjadi salah satu sektor di industri kreatif yang banyak peminatnya. Tidak hanya pasar lokal, bisnis mebel Jogja juga memiliki pasar di skala internasional.

Furniture atau mebel yang akan dibahas di sini memiliki bahan dasar kayu, rotan atau bambu. Ketiga bahan dasar furniture tersebut mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, ketiga bahan dasar tersebut juga terkenal dengan kualitas yang baik dan harga yang murah. Tak heran furniture kayu, rotan, dan bambu banyak diminati bahkan hingga mancanegara.

Dari Jogja untuk Dunia

Seiring dengan ramainya permintaan pasar, semakin banyak pengrajin furniture yang bermunculan di beberapa wilayah di Jogja. Banyak pengrajin furniture berbakat di daerah ini. Kreasi furniture yang dihasilkan tidak hanya unik, tapi juga diiringi dengan kualitas yang baik. Daerah mana saja, ya? Yuk, simak!

1. Dlingo, Bantul

Dlingo adalah salah satu kecamatan di wilayah kabupaten Bantul. Tidak hanya objek pariwisata seperti hutan pinus, Dlingo juga terkenal sebagai salah satu pusat furniture Jogja. Khususnya dari bahan bambu. Jika tertarik dengan mebel bambu khas Dlingo, anda bisa mengunjungi Muntuk Bamboo Art Space.

Pusat furniture Jogja, muntuk bamboo art space. Sumber Nicelocal
Pusat furniture Jogja, muntuk bamboo art space. Sumber Nicelocal

Untuk Bamboo Art Space terletak di desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Showroom ini menampilkan berbagai macam hasta karya warga setempat termasuk mebel, furniture, dan perabot rumah tangga yang terbuat dari bambu. Seiring dengan ramainya permintaan pasar, kerajinan bambu di Dlingo menjadi primadona di Jogja.

2. Sewon, Bantul

Tidak hanya kecamatan Dlingo, Sewon juga menjadi salah satu kecamatan di kabupaten Bantul yang memiliki sentra kerajinan mebel Jogja. Tepatnya di dusun Jotawang, desa Bangunharjo, Sewon, Bantul. Jotawang menjadi sentra kerajinan mebel antik yang sudah dikenal dalam skala besar. Baik skala nasional maupun internasional.

Sebagian besar warga Jotawang menjadi pengrajin mebel antik. Mebel yang dihasilkan meliputi meja, kursi, rak buku, hiasan dinding, podium, dan furnitur lain. Desain mebel Jotawang juga bervariasi, seperti gaya Jawa, Asmat, Madura, bahkan motif khas suku Aborigin dari Australia. Pemasarannya luas hingga Asia, Eropa, dan Australia.

3. Pundong, Bantul

Bergeser ke wilayah kecamatan Pundong, Bantul, anda bisa mengunjungi Pak Warjiyo sang pengrajin furniture. Awalnya, Pak Warjiyo adalah seorang tukang becak di kawasan Prawirotaman. Beliau terbiasa membelikan kerajinan pesanan wisatawan mancanegara di kawasan itu. Lalu, beliau memutuskan untuk produksi kerajinan sendiri.

Kebiasaan Pak Warjiyo saat menjadi tukang becak di Prawirotaman membuka wawasan beliau tentang pasar luar negeri. Kini, Pak Warjiyo memiliki showroom furniture di daerah Suko, Seloharjo, Pundong, Bantul. Showroom Pak Warjiyo berada di daerah perbukitan tapi tetap produktif dan kerap mengirimkan furniture hingga luar negeri.

4. Kasihan, Bantul

Tepatnya di kawasan Desa Wisata Kasongan, Bantul, anda bisa mengunjungi Ga Ga Mebel & Desain. Showroom ini menyediakan mebel dari bahan dasar kayu keras berkualitas. Ga Ga Mebel & Design bekerja sama dengan brand kerajinan kayu lokal seperti Pawonan (spesialis perabot dapur dari kayu) dan Hectawood (spesialis dekorasi)

Ga Ga Mebel & Design. Sumber Gmaps
Ga Ga Mebel & Design. Sumber Gmaps

Ga Ga Mebel & Design bisa jadi solusi untuk semua kebutuhan rumah anda. Showroomnya beralamat di Jalan Kasongan 16B, Desa Beton, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Tidak hanya berbelanja langsung, anda juga bisa melihat katalog yang ditawarkan Ga Ga Mebel & Design di media sosial atau marketplace kesayangan anda.

5. Gamping, Sleman

Sebagai tetangga kabupaten Bantul, Sleman juga memiliki pusat kerajinan furniture. Inilah Uwitan, salah satu merk furniture lokal yang memiliki lokasi di wilayah Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Uwitan mulai dirintis tahun 2015 dan bekerja sama dengan para pengrajin lokal. Sehingga Uwitan turut meningkatkan perekonomian lokal.

Uwitan menggunakan kayu pinus solid sebagai material utama furniturnya. Kayu pinus solid sendiri sudah memiliki sertifikasi “Indonesian Legal Wood” untuk membuktikan kualitasnya. Menerapkan prinsip ramah lingkungan, Uwitan menggunakan material finishing NC. Desain Uwitan terkenal unik, timeless, tapi tetap serbaguna.

6. Kotagede, Kota Yogyakarta

Kotagede terkenal sebagai pusat kerajinan perak. Namun anda juga bisa mencari pengrajin mebel di kawasan Kotagede, yaitu Kerajinan Kayu dan Mebel Marban. Showroom ini berlokasi di Jalan Purbayan No. 1207 RT 54 RW 13 Kotagede, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Showroom Marban melayani pemesanan berbagai furniture kayu seperti pintu, kusen, jendela, lemari, dan furniture lain yang anda butuhkan untuk rumah anda. Anda bisa memesan kebutuhan furniture kayu sesuai dengan keinginan anda. Karyawan Marban akan melayani dengan ramah dan cekatan.

7. Kraton, Kota Yogyakarta

Anda mencari furniture kayu dengan nuansa budaya Jawa? Anda bisa mengunjungi wilayah Kraton, Kota Yogyakarta. Kawasan ini memiliki beberapa showroom furnitur kayu yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Santai Furniture yang berlokasi di Jalan Siliran Lor No.24 Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Buatlah janji sebelumnya.

Pusat furniture Jogja, santai furniture. Sumber Santaifurniture
Pusat furniture Jogja, santai furniture. Sumber Santaifurniture

Santai Furniture menerapkan prinsip sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan dalam produksinya. Bahan-bahan yang digunakan kebanyakan adalah bambu dan kayu solid dengan pengolahan yang ramah lingkungan. Produk Santai Furniture cocok untuk melengkapi interior rumah, kantor, hingga hotel.

Demikian sedikit rekomendasi daerah yang menjadi pusat furniture Jogja. Jangan ragukan kualitasnya sebab produk dari daerah di atas sudah dipasarkan secara luas. Bahkan hingga ke luar negeri. Yuk, semangat belanja produk lokal karena kerajinan lokal sudah diakui hingga ke penjuru dunia. Jangan lupa, simak ulasan lainnya, ya!

Tinggalkan Balasan