Wisata Kekinian. Sumber: cdn-cas.orami.co.id

Desa Wisata Nglinggo, Desa Wisata Penuh Keseruan

Desa Wisata Nglinggo adalah salah satu tujuan wisata yang paling diminati para wisatawan.

Daerah Istimewa Yogyakarta memanglah salah satu kota terfavorit ketika datang dalam kategori tujuan wisata.

Walau Yogyakarta bukanlah daerah yang memiliki wilayah yang luas, tidak membuatnya kehabisan ide untuk mengembangkan daerah pariwisata. 

Terlebih dengan munculnya banyak desa wisata yang unik dan seru menjadi daya tersendiri di mata para wisatawan yang hadir.

Nah dari banyaknya desa wisata yang ada, ada Desa Wisata Nglinggo yang banyak menjadi tujuan wisata pada wisatawan.

Desa Wisata Nglinggo ini memiliki daya tarik dari gabungan wisata alam, wisata budaya, dan wisata kekiniaan yang menarik kaum milenial untuk datang.

Tak heran jika Desa Wisata Nglinggo memiliki julukan desa wisata yang penuh keseruan.

Daya Tarik Desa Wisata Nglinggo

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan bahwa Desa Wisata Nglinggo memiliki daya tarik yang merupakan gabungan dari beberapa wisata. Namun sebenarnya apa saja daya tarik dari desa wisata ini hingga menarik banyak wisatawan untuk datang?

Oleh karena itu mari kita ulas bersama daya tarik dari desa wisata ini. Simak hingga akhir ulasan di bawah ini ya!

1. Wisata Alam

Daya tarik pertama dari desa wisata ini adalah alam di sekitar yang asri. Dengan keasrian yang ada para wisatawan disuguhkan suasana yang nyaman dan tenang.

Sehingga disini mereka bisa merehatkan sejenak pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Kebun Teh Desa Wisata Nglinggo. Sumber : dinpar.kulonprogokab.go.id
Kebun Teh Desa Wisata Nglinggo. Sumber : dinpar.kulonprogokab.go.id

Selain asri, alam yang ada juga tak kalah seru untuk dieksplor. Diantaranya terdapat perkebunan teh dimana disini nanti para wisatawan akan diajarkan cara berkebun teh hingga dijelaskan manfaat teh jepang yang ada di kebun ini.

Selain perkebunan teh ada juga wisata alam yang cukup menantang untuk dieksplor, yakni Curug Watu Jonggol. Medan yang penuh akan terjal saat hendak menuju lokasi yang menjadikan alasan dibalik kenapa wisata ini menantang.

Namun tak perlu khawatir karena setelah anda melewati terjalnya perjalanan tersebut, akan ada keindahan air terjun yang segar menanti anda di sana.

Sehingga usaha tadi akan sangat terbayarkan untuk menikmati keindahan alam yang masih asri tersebut.

2. Wisata Budaya

Setelah wisata alam yang ternyata cukup seru, kini terdapat keunikan budaya yang ditawarkan oleh Desa Wisata Nglinggo.

Karena kehidupan di desa wisata ini memang masih terbilang pedesaan yang masih tradisional tentu akan ada keunikan atraksi budaya yang disuguhkan. Seperti Jathilan, Tari Lengger Tapeng.

Selain menonton para wisatawan juga diberi kesempatan untuk belajar tarian-tarian tersebut.

Namun ternyata keunikan budaya yang ada tak hanya berhenti di situ saja. Di desa wisata budaya ini para wisatawan juga akan diajarkan membuat kuliner lokal seperti gula aren dan geblek, serta membuat topeng tradisional.

3. Wisata Kekinian

Wisata Kekinian. Sumber: cdn-cas.orami.co.id
Wisata Kekinian. Sumber: cdn-cas.orami.co.id

Topik terakhir dari daya tarik desa wisata ini yang bisa kami ulas adalah wisata kekinian.

Wisata kekinian yang dimaksud disini adalah daya tarik Desa Wisata Nglinggo yang memiliki spot wisata instagramable sehingga cocok untuk kaum milenial saat ini.

Dengan keindahan alam dan keunikan budaya yang disebutkan sebelumnya, tentu akan sangat cocok untuk didokumentasikan dan dipajang pada media sosial Anda.

Terlebih bagi para wisatawan pemburu foto sunrise ataupun sunset  terdapat Puncak Suroloyo yang menanti mereka.

Puncak Suroloyo ini adalah puncak tertinggi di perbukitan Menoreh. Hanya dengan menempuh perjalanan selama sekitar 10 menit para wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan mengagumkan.

Nah walau hanya tiga topik wisata yang bisa kami ulas disini, tentu Desa Wisata Nglinggo masih mempunyai banyak daya tarik yang bisa anda temukan sendiri disana. 

Maka jangan lupa untuk menaruh desa wisata ini di dalam list tujuan wisata Anda saat masa liburan tiba.

Lokasi, dan Budget Berwisata di Desa Wisata Nglinggo

Untuk memperlengkap informasi kita mengenai desa wisata ini mari kita mulai mengulas info lokasi dan budget saat hendak datang ke sini.

Karena tidak mungkin kita bisa sampai kesana jika kita tidak tau dimana desa wisata ini berada dan menjadi tidak terorganisir jika kita tidak menyiapkan budget yang pas untuk berwisata.

  1. Lokasi Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata ini berlokasi tepat di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalanan yang perlu anda jalani hanya sekitar 60 sampai 90 menit dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat yogyakarta atau Tuju Jogja anda bisa langsung mengambil jalan ke arah Kulon Progo.

  1. Budget yang Perlu Disiapkan
Liburan di Nglinggo. Sumber: pinterest.com
Liburan di Nglinggo. Sumber: pinterest.com

Untuk bisa berwisata dengan maksimal di desa wisata ini, Anda bisa mendaftar atau mengambil paket tur dimana biasanya dihargai sekitar 100 ribu hingga 1 juta rupiah.

Di dalam paket tour ini tentunya sudah lengkap dengan biaya penginapan, makan, tiket masuk, dan masih banyak lagi.

Namun harga tersebut bisa saja berubah sembari berjalannya waktu.

Yak itu lah segala informasi yang bisa kami sediakan untuk Anda, mulai dari daya tarik hingga budget yang perlu ditawarkan.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengenal Desa Wisata Nglinggo dan tertarik untuk mendatanginya.

Saran dari kami jika anda hendak berwisata di desa wisata ini adalah pastikan anda membawa pakaian hangat dan menggunakan alas kaki yang cocok. Karena desa wisata ini berada di dataran tinggi sehingga udara disana cukup dingin. 

Dan karena berada di dataran tinggi dimana pastinya jalanan yang ada kebanyakan adalah menanjak, pastikan anda menggunakan alas kaki yang cocok supaya anda bisa berwisata dalam kondisi yang nyaman.

Terimakasih sudah menyimak hingga akhir!

Tinggalkan Balasan