Dengan Anda memulai belajar servis kendaraan, itu bisa memudahkan ketika kendaraan Anda terjadi kerusakan, sumber ; google.com

8 Tips Untuk Yang Hobi Otomotif Agar tetap Ramah Di Kantong 

Bagi sebagian orang, sepeda motor bukan hanya sebagai alat transportasi, melainkan juga bagian dari hobi. Ada yang bilang hobi otomotif itu sangatlah mahal. Nah, berikut ini tips untuk Anda yang hobi otomotif motor pemula agar bisa tetap bersenang-senang, tapi tetap ramah di kantong.

5 Tips Untuk Anda Yang Hobi Otomotif Motor Agar Tetap Ramah Di Kantong

Pastinya, semua orang memiliki hobi untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Hobi otomotif merupakan salah satu hobi yang banyak dipilih. Tak kenal pria atau wanita, semakin ramai orang yang menikmati hobi ini.

Hobi otomotif motor, biasanya diikuti dengan beberapa hal. Mulai dari melakukan modifikasi hingga mengoleksi motor-motor. 

Untuk para “sultan” mungkin bukan masalah. Tapi  tidak semua orang demikian. Oleh karena itu, Anda haruslah pintar-pintar dalam menjalani hobi otomotif agar tetap ramah di kantong.

Lantas apa saja tipsnya? simak informasi selengkapnya ; 

1. Belajar Perawatan Ringan

Untuk Anda yang hobi otomotif motor, Anda tentunya akan selalu menginginkan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Oleh karena itu, tak jarang orang-orang yang hobi otomotif selalu melakukan perawatan secara rutin.

Nah, daripada harus bolak-balik ke bengkel dengan biaya yang tentunya tidak murah, tidak ada ruginya Anda mulai belajar melakukan perawatan sendiri. Tak perlu berat-berat, tapi bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana.

Misalnya dengan membersihkan atau mengganti filter udara, mengganti oli mesin, mengecek busi, mengisi air aki, mengencangkan rantai, atau bahkan sebatas melakukan perawatan body agar tampilannya selalu kinclong.

Terlebih apabila Anda kuliah di jurusan teknik elektro tentu ini lebih memudahkan Anda, untuk merawat motor.

Dengan melakukan perawatan motor sendiri, maka Anda dapat menghemat pengeluaran sambil tetap menikmati hobi otomotif. Tapi sebelumnya pastikan Anda mempersiapkan peralatan dan langkah-langkahnya secara tepat.

Dengan Anda memulai belajar servis kendaraan, itu bisa memudahkan ketika kendaraan Anda terjadi kerusakan, sumber ; google.com
Dengan Anda memulai belajar servis kendaraan, itu bisa memudahkan ketika kendaraan Anda terjadi kerusakan, sumber ; google.com

2. Hobi Otomotif Motor Yang Sudah Ada

Hobi otomotif tidak harus dengan membeli kendaraan baru. Tapi, Anda bisa juga dengan motor yang sudah ada, dengan mengenal lebih dekat kendaraan  yang sudah Anda miliki. Coba lah untuk  menggali lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan motor Anda.

Dengan begitu, Anda akan menemukan hal baru yang menarik untuk dipelajari. Misalnya dengan Anda mengenal kendaraan sendiri, Anda sudah mengetahui  jenis mesinnya, tenaga yang dihasilkan, hingga karakter berkendara yang dimiliki sepeda motor tersebut.

Sisi kelemahan yang Anda temukan dari hasil pengamatan bisa menjadi “ruang” modifikasi di kemudian hari. Dan juga cari tahu apa yang harus dipersiapkan pada saat menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh.

Dengan Anda mengetahui kelebihan motor yang dimiliki, maka Anda akan bisa memanfaatkannya secara lebih maksimal.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa “motor terbaik adalah yang Kita miliki saat ini”. Jadi tidak usah terburu-buru untuk beli motor baru.

Motor beat menjadi salah satu motor yang menjadi objek oleh orang-orang yang hobi otomotif, sumber ; google.com
Motor beat menjadi salah satu motor yang menjadi objek oleh orang-orang yang hobi otomotif, sumber ; google.com

3. Pakai Aksesoris Seken

Hobi otomotif tidak lepas dari yang namanya modifikasi, yang membutuhkan aksesori-aksesori untuk membuat tampilan motor lebih menarik.

Saran Kami, jangan terburu-buru untuk membeli aksesoris yang baru. Anda dapat memanfaatkan barang-barang seken, jika penampilan motor lebih menarik dengan menggunakan aksesoris bekas kenapa harus beli yang baru.

Selain itu, dari sisi harganya pun aksesoris seken untuk motor harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan membeli baru.

Anda dapat mencarinya dari komunitas atau marketplace online. Barang semacam panel bodi, jok, pelek, lampu-lampu masih dapat menggunakan barang tangan kedua.

Namun, tantangannya Anda mesti jeli melihat kondisi fisik nya. Karena apabila Anda salah membelinya, maka bisa membutuhkan banyak perbaikan. Maka harganya bisa sama dengan membeli yang baru.

Untuk aksesori, baru maupun bekas bukanlah masalah penting. Hal yang lebih penting yakni mendapatkan barang orisinil terutama untuk Anda yang tengah melakukan restorasi.

Berbagai macam aksesoris motor yang tersedia di pasaran, sumber ; google.com
Berbagai macam aksesoris motor yang tersedia di pasaran, sumber ; google.com

4. Jangan Tergiur Belanja Apparel

Salah satu sisi menarik dalam membahas hobi otomotif roda dua adalah ketersediaan apparel riding yang banyak di pasaran. Mulai dari jaket, helm, sarung tangan, dan lain sebagainya. 

Bisa dikatakan, keberadaanya berhasil memberi warna tersendiri pada scene otomotif. Mereka yang baru “kenal” dengan hobi otomotif mungkin akan mudah tergiur untuk menambah koleksi apparel-nya.

Bukannya tidak boleh. Tapi perlu diingat bukan itu esensi menjadi “anak motor” sesungguhnya. Anda tetap bisa menikmati aktivitas berkendara, tanpa menggunakan apparel terbaru dari merek-merek yang sedang naik daun.

Yang lebih penting perlengkapan berkendara dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada saat berkendara. Untuk urusan yang satu ini coba utamakan fungsi, bukan gengsi kalau tak ingin kantor kering. 

Display berbagai macam pilihan apparel, sumber ; google.com
Display berbagai macam pilihan apparel, sumber ; google.com

5. Konsep Modifikasi Yang Jelas 

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa hobi motor tak bisa luput dari modifikasi. Tapi setiap ubahan sebaiknya berangkat dengan arah atau konsep yang jelas.

Coba tentukan terlebih dahulu gaya modifikasi atau custom yang akan diambil sebelum mulai melakukan modifikasi. 

Karena modifikasi yang dilakukan di tengah jalan bukan hanya mengharuskan Anda merogoh dompet lagi, tapi juga akan membuang-buang waktu.

Adapun dalam menentukan sebuah konsep modifikasi motor yang tepat, Anda memerlukan referensi. Di era digital seperti sekarang bukan hal sulit, tapi informasi tersebut juga bisa didapat dari pergaulan di komunitas.

Perlu di ketahui juga, hobi otomotif bisa menjadi peluang usaha tersendiri, seperti membuka usaha rental. Dengan bermodal hobi, Anda dapat mencari type mobil murah maupun motor murah untuk dijadikan modal usaha Anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan