Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Sumber Indonesiatravel

Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul

Siapa yang tidak tahu desa wisata nglanggeran? Desa wisata yang dikelola dengan berbasiskan pada masyarakat setempat atau dikenal dengan community based tourism. Desa wisata nglanggeran memiliki keunikan pada jenis daya tariknya yaitu menggabungkan antara ekowisata dengan kehidupan sosial-budaya masyarakat setempat. 

Sejak pembangunannya pada tahun 2007 hingga sekarang, desa wisata nglanggeran sudah mendapatkan berbagai penghargaan. hal tersebut membuat desa wisata nglanggeran lebih dikenal dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. 

Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke desa wisata nglanggeran antara lain yaitu bercocok tanam, mengenal dan belajar flora maupun fauna yang ada di sana, belajar budaya dan cara hidup masyarakat setempat. 

Daya Tarik Desa Wisata Nglanggeran 

Desa Nglanggeran memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, hal ini karena keberagaman atraksi wisata yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa atraksi wisata yang dapat dinikmati wisatawan ketika berkunjung :

1. Kampung Pitu

Kampung ini berada di puncak gunung api purba nglanggeran, masyarakat setempat percaya bahwa lokasi kampung ini hanya boleh ditinggali oleh tujuh kepala keluarga saja, hingga saat ini tradisi tersebut masih terjaga. Meskipun begitu, kampung ini memiliki spot sunrise terbaik untuk dinikmati wisatawan.

2. Sumber Mata Air Comberan

Sumber mata air comberan ini menjadi salah satu daya tarik wisata budaya, diyakini bahwa apabila kita mencuci muka menggunakan air dari sumber mata air tersebut itu akan membuat awet muda. Pada tempat ini juga terdapat aturan bagi perempuan yang sedang dalam keadaan haid tidak diperbolehkan masuk.

3. Embung Nglanggeran

Embung nglanggeran merupakan embung pertama yang dibangun di atas bukit yang memiliki fungsi untuk mengairi kebun buah. Kawasan ini juga dikebangkan menjadi agrowisata, tanaman yang dibudidayakan sendiri yaitu buah durian montong dan kelengkeng kane. 

Keindahan embung di desa wisata Nglanggeran. Sumber Atourin
Keindahan embung di desa wisata Nglanggeran. Sumber Atourin

Selain itu, kawasan ini juga difungsikan untuk penyelenggaraan event tahunan seperti keroncong plesiran, geopark night specta, nglanggeran mountain bike, dan nglanggeran culture festival. 

Lokasi dan Akses menuju Desa Wisata Nglanggeran

Desa Nglanggeran berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 25 KM atau sekitar 1 jam perjalanan. Untuk menuju ke lokasi desa wisata, pengunjung dapat menggunakan jalur dari arah Yogyakarta dan arah Wonosari. 

Apabila dari arah Yogyakarta, wisatawan dapat melewati destinasi bukit bintang Patuk, selanjutnya melewati jembatan kali pentung, kemudian sekitar 1 KM dari papan informasi wisatawan belok kiri sejauh 4 Km menuju ke desa Nglanggeran.

Sedangkan apabila dari arah Wonosari, wisatawan melewati bundaran sambipitu, selanjutnya belok kanan ke arah desa Bobung, kemudian lurus menuju ke desa Nglanggeran.

Nah, untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke desa Nglanggeran disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan belum adanya moda transportasi umum untuk menuju ke desa Nglanggeran. Untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung, desa Nglanggeran sudah tersedia di google maps. 

Fasilitas Pendukung di Desa Wisata Nglanggeran

Fasilitas pendukung tentu saja sangat penting dalam suatu daya tarik wisata, hal ini sebagai penunjang kegiatan wisatawan serta untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan ketika berkunjung. Fasilitas yang terdapat di desa Nglanggeran diantaranya yaitu tempat ibadah, homestay, toilet, tempat parkir, outbound, jalur pendakian, gardu pandang, dan pusat souvenir dan oleh-oleh. 

Homestay sendiri merupakan fasilitas akomodasi yang paling dicari wisatawan ketika berwisata ke desa Nglanggeran. Hal tersebut karena sebagian besar wisatawan ingin merasakan suasana pedesaan dan belajar kebudayaan setempat. Maka Anda sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang. Seperti persiapan alat mandi pribadi sampai alat shalat khusus wisata semisal sajadah travel custom.

Griya coklat Nglanggeran yang menjadi pusat oleh-oleh bagi wisatawan. Sumber Youtube
Griya coklat Nglanggeran yang menjadi pusat oleh-oleh bagi wisatawan. Sumber Youtube

Selain itu, pusat souvenir dan oleh-oleh juga tidak kalah penting, karena berwisata kurang lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Desa nglanggeran memiliki griya coklat yang menjadi pusat oleh-oleh bagi wisatawan, pada griya coklat ini wisatawan dapat belajar pengolahan coklat dari bahan baku sampai menjadi produk yang dapat dinikmati dan dibawa untuk oleh-oleh. 

Keunikan Desa Wisata Nglanggeran

Selain keunikan sosial-budayanya, wisata Nglanggeran juga memiliki beberapa keunikan lain yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa keunikan desa Nglanggeran : 

1. Gunung Api Purba

Desa Nglanggeran terletak di bawah gunung api purba yang tidak lagi aktif. Gunung ini memiliki bentuk yang unik dan menjadi daya tarik utama. Wisatawan dapat mendaki gunung ini untuk menikmati pemandangan alam yang indah, terutama ketika matahari terbit atau terbenam.

2. Situs Batu Menhir

Di desa Nglanggeran terdapat situs batu menhir yang menjadi bukti keberadaan manusia purba. Batu menhir ini biasanya dijadikan tempat untuk berdoa atau meditasi oleh masyarakat sekitar.

3. Air Terjun Kedung kandang

Di desa Nglanggeran juga terdapat air terjun yang indah bernama kedung kandang. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang hijau. Wisatawan bisa berenang atau bermain air di air terjun tersebut untuk menyegarkan diri. 

Penghargaan yang Diraih Desa Wisata Nglanggeran

Seperti yang sudah disinggung di atas, desa wisata Nglanggeran sudah mendapatkan berbagai penghargaan, diantaranya yaitu ASEAN Community Based Tourist (CBT) Award di tahun 2017, Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destination Day (GGDD) di tahun 2018, dan yang terbaru yaitu mendapatkan sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan oleh Kemenparekraf pada awal Maret serta meraih Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia dibawah PBB (UNWTO). 

Pemberian penghargaan yang diraih desa wisata Nglanggeran. Sumber Kemenparekraf
Pemberian penghargaan yang diraih oleh desa wisata Nglanggeran. Sumber Kemenparekraf

Itulah daya tarik dan keunikan dari desa wisata nglanggeran. Jika anda sedang mencari pengalaman yang berbeda dan ingin menikmati keindahan alam serta budaya lokal, wisata nglanggeran adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi. 

Kalo ngomongin wisata di Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya, selalu ada yang bikin wisatawan balik lagi. Nah, jika anda ingin referensi desa wisata yang memiliki suasana yang berbeda ada desa wisata Nglinggo yang bikin wisata anda makin seru. Atau anda ingin belajar tentang budaya Yogyakarta? Anda bisa mengunjungi wisata keraton Jogja untuk menikmati keindahan pesona istana raja. Sekian dulu ya, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan