Rekomendasi 4 Wisata Anak Jogja Untuk Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga

Rekomendasi 4 Wisata Anak Jogja Untuk Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga

Yogyakarta atau yang juga dikenal dengan sebutan Kota Gudeg memang tidak pernah alpa memberikan sajian yang menarik soal kuliner, budaya hingga wisata alamnya. Yap, salah satunya adalah wisata anak Jogja. 

Bagi Anda yang berpikir wisata di Jogja itu membosankan karena hanya akan menemukan candi, wisata keraton Jogja, hingga museum saja, itu rasanya kurang tepat ya, sob. Karena banyak sekali tempat wisata anak Jogja yang lebih menarik untuk si kecil.

Biasanya wisatawan lokal hingga turis mancanegara akan menjadikan Malioboro sebagai spot pertama yang dikunjungi karena Malioboro merupakan tempat yang paling ikonik dan lekat sekali dengan Jogja. 

Namun, jika si kecil ingin merasakan pengalaman wisata yang lebih dari biasanya berikut ini akan kami rekomendasikan tempat wisata anak Jogja yang cocok dijadikan wishlist liburan si kecil bersama keluarga.  

4 Wisata Anak Jogja Populer

Bagi Anda yang ingin berwisata namun tidak hanya wisata yang biasa, berikut ini akan kami sajikan wishlist tempat wisata rekreasi sekaligus wisata edukasi yang dapat Anda kunjungi di akhir pekan bersama si kecil. 

1. Taman Pintar Yogyakarta

Rekomendasi 4 Wisata Anak Jogja Untuk Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga
Taman Pintar Jogja. Sumber: Google.com

Berlokasi di Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Taman Pintar ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 16 Desember 2008. Kalau Anda tahu gagasan diciptakannya Taman Pintar ini adalah adanya gelombang perkembangan sains terkhusus pada Teknologi Informasi menjadi kebutuhan di bidang pendidikan. Itulah mengapa Pemerintah Daerah menggagasnya.

Menjadi tempat pariwisata yang memadukan wisata rekreasi dan edukasi menjadikan Taman Pintar cocok sekali dijadikan rekomendasi wisata anak Jogja khususnya bagi anak-anak pada masa perkembangan. Untuk zona rekreasi dan zona edukasi pun terbagi ke dalam beberapa zona sehingga akan lebih kondusif. 

Yang menarik dari Taman Pintar adalah wahana edukasi ini dilengkapi dengan fasilitas Teknologi interaktif digital juga pemetaan video yang akan membantu dalam memacu imajinasi anak sehingga akan menumbuhkan ketertarikan anak terhadap teknologi. Update terakhir fasilitasnya ada di 35 zona dengan 3.500 alat peraga edukatif.

Berikut ini lokasi dan informasi lain terkait Taman Pintar Yogyakarta:

  • Alamat      : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • Jam kerja     : Senin – Minggu, pukul 08.30 sampai 16.00 WIB 
  • Harga tiket : berkisar dari Rp. 6000 – Rp. 45.000
  • Wahana     : Zona Peraga Sains & Teknologi, Planetarium, Wisata Bahari, Lalu Lintas, Kreasi Batik, Kreasi Gerabah, Lukis Gerabah, Lukis Kaos, Theater 4D, Dino Adventure, Hand on Science, dan Presenter TV 

2. Wildlife Rescue Center

Rekomendasi 4 Wisata Anak Jogja Untuk Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga
Halaman depan Wildlife Rescue Centre. Sumber: Google.com

Wisata anak Jogja selanjutnya adalah wisata edukasi yang langsung bersinggungan dengan alam langsung. Yap, satwa. Jika Anda dan keluarga And ingin bertemu dan melihat satwa maka Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi Wildlife Rescue Center Jogja.

Nah WRC ini merupakan lembaga non profit yang geraknya adalah menyelamatkan dan merehabilitasi satwa-satwa yang hampir punah keberadaannya. Beberapa satwa yang ada adalah Monyet, Beruk, Owa Jawa hingga berbagai burung langka lainnya. 

Meskipun WRC ini dibuka untuk umum ada beberapa pengecualian terkait kunjungannya di antaranya adalah lokasi-lokasi yang terbatas untuk dimasuki, lalu larangan memberikan makanan satwa demi menjaga habitat agar tetap terjaga seperti kondisi asli. 

Selanjutnya terkait jarak tempuhnya jika Anda mulai dari Jogja Kota memang relatif jauh, tapi tenang saja berikut informasi lengkapnya:

  • Alamat: Jl. Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55652
  • Hari kerja: Senin – Sabtu, pukul 08.00 sampai 15.00 WIB 
  • Harga tiket: kurang lebih 10.000 per orang
  • Wahana: Selain melihat satwa ada juga outbound, camping, high rope games, hingga edukasi konservasi,

3. Ice Cream World Yogyakarta

Rekomendasi 4 Wisata Anak Jogja Untuk Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga
Salah satu sudut destinasi Ice Cream World. Sumber: Google.com

Dibuka pada tanggal 13 Februari 2018, Ice Cream World Jogja ini menjadi salah satu tempat wisata anak Jogja yang kekinian.  Hadir di kota-kota besar Indonesia ice cream world ini mirip dengan Salah satu museum es krim yang ada di Amerika.

Meskipun ramai di akhir pekan kelelahan Anda akan terbayar setelah masuk dan menikmati berbagai layanan yang ada, berikut informasinya:

  • Alamat: Jalan Raya Solo KM 11, No. 31, Cupuwatu I, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY 55571.
  • Hari kerja: Senin – Sabtu, pukul 10.00. sampai 21.00 WIB 
  • Harga tiket: dibandrol dari harga 50.000 – 80.000
  • Layanan: Spot museum cokelat, spot kolam bola, spot cone es krim, spot banana, spot es krim raksasa, spot Oreo, spot ginger, spot dunia marshmallow, dsb.

4. The Lost World Castle

Rekomendasi 4 Wisata Anak Jogja Untuk Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga
The Lost World Castle, Jogja. Sumber: Google.com

Tidak perlu ke negeri dongeng, jika si kecil ingin mengunjungi negeri dongeng datang saja ke Sleman, disana ada tempat wisata anak Jogja berupa bangunan kastil. Dimana lokasinya yang banyak menarik banyak wisatawan sebab ada di lereng Gunung Merapi. 

Lalu, apakah hanya bisa berfoto ria saja? Tentu tidak ya, sob. Anda bisa mengamati alam langsung bersama si kecil sehingga tetap menjadi wisata edukasi yang berkualitas. 

  • Alamat: Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Hari kerja: Senin – Minggu, pukul 07.30 sampai 18.00 WIB 
  • Harga tiket: Rp. 30.000

Nah, jadi itulah 4 rekomendasi wisata anak Jogja yang dapat Anda kunjungi dengan keluarga di akhir pekan. Jadi bagaimana? Siap meluncur ke Jogja? Baca juga artikel kami yang lain seperti wisaja Jogja heha sky view untuk menambah preferensi Anda. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan