Mangooni Overland, rooftent lokal paling recomended!

Rooftop Tent Car: Cara Pasang Dan Rekomendasi Toko Online

Pemasangan rooftop tent car tidak bisa asal pakai roof rack. Harus ada yang diperhatikan. Selain itu, bahan yang buruk dari pembelian produk yang salah juga akan sangat merugikan.

Untuk itu, selain membahas mengenai cara pasang rooftop tent car yang benar, artikel ini juga akan mengulas merk-merk terbaik, serta alamat toko onlinenya. Beberapa asli buatan anak Indonesia.

Rooftop tent jadi salah satu perlengkapan utama bagi para penggemar camping menggunakan mobil. Dengan rooftop tent di mobil, Anda dapat berteduh dari cuaca panas ataupun hujan saat camping di alam terbuka. Rooftop tent juga sangat praktis, Anda bisa mengisinya untuk dua sampai empat orang.

Sejatinya rooftop tent car adalah tenda yang dipasang di atas mobil. Namun tenda tidak bersentuhan dengan atap mobil secara langsung. Ada roof bar / cross bar yang menyangganya. Dalam pembelian roof tent, sudah dilengkapi dengan tangga beserta perkakas lainnya.

Mungkin Anda mengira hanya mobil offroad yang bisa dipasangkan roof tent di atasnya. Padahal kini, bagi yang membutuhkan rooftop tent, sudah tersedia untuk berbagai jenis mobil, termasuk city car yang dianggap tidak kokoh.

Memasang rooftop tent pada city car atau jeni mobil lainnya bukanlah satu hal yang akan merusak atap mobil. Anda hanya perlu memasang roof bar dengan benar.

Cara Pasang Rooftop Tent Car

Ada beberapa hal yang mesti dicek terlebih dahulu sebelum memasang tent car. Sebelum memasangnya di atas mobil, tentu ada yang namanya roof (cross) bar. Nah, roof bar hendaknya terpasang sempurna di tulang bodi mobil. Selain agar cengkraman lebih kuat, juga untuk menghindari penyoknya atap mobil.

Namun yang demikian tidak berlaku untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan roof rail. Mobil yang sudah ada roof rail-nya, akan lebih mudah untuk dipasangi roof bar. Jadi tidak perlu mencari titik tulang yang tepat pada atap mobil.

Kemudian, pastikan berat tenda serta barang bawaan yang hendak Anda bawa. Biasanya tiap roof bar punya informasi terkait berat maksimal yang bisa dibawa. Biasanya maksimum loud dari roof bar mencapai 75 kilo. Ini adalah berat maksimal ketika mobil bergerak.

Jika mobil dalam keadaan diam, dua hingga tiga kali dari maksimum loud pun masih mumpuni. Maka, ketika Anda hendak memasang rooftop tent car, atau barang lainnya pada roof bar, sesuaikan dengan maksimum loud yang tertera.

Pemilihan roof bar (cross bar) harus diperhatikan. Ada beberapa roof bar yang dijual semata hanya untuk aksesoris mobil dan tidak untuk keperluan angkut barang, jadi jangan sampai salah beli. Untuk opsi keamanan dan daya angkut yang lebih berat, Anda juga bisa custom roof bar sendiri.

Selain cara pasang yang benar. Sangat disarankan juga kepada Anda untuk berhati-hati dalam mengemudikan mobil dengan muatan di atasnya (top heavy). Mobil memang akan terasa lebih limbung ketika top heavy. Bawalah mobil dengan kecepatan 80 – 100 km/jam.

Rekomendasi Brand/Merk Rooftop Tent Car

Mungkin Anda bertanya, mengapa harus memasang tenda di atas mobil sementara memasangnya di bawah akan lebih mudah dan aman. Selain karena medan di tanah tidak rata, angin kencang yang berhembus juga akan membuat tidur di tenda bawah sangat tidak nyaman.

Itulah kenapa ketika melakukan camp dengan membawa mobil, rooftop tent car menjadi pilihan terbaik. Namun tentu saja harga yang ditawarkan berada di atas harga tenda-tenda pada umumnya. Tenda atas dengan tenda bawah punya bahan, model, kekuatan, dan kemewahan yang berbeda.

Jika Anda ingin tahu sensasi ngecamp dengan mobil dan rooftent, namun tidak ada mobil, cobalah untuk menyewanya. Lumayan menarik. Anda bisa sewa rooftent 5 hari hanya dengan Rp 500.000. Harga yang amat ekonomis daripada beli. Sedangkan untuk sewa mobilnya, haruslah di jasa yang sudah legal agar aman.

Rooftop tent car sangat aman dan nyaman. Daripada memasang tenda di bawah, atau tidur di dalam mobil, lebih baik memakai rooftop tent saja. Agar perjalanan camp Anda lebih asyik dan nyaman.

1. Mangooni Roof Tent

Mangooni roof tent merupakan tenda atas mobil yang tergolong murah. Merk ini adalah merk lokal. Spesifikasi ukuran tenda yang 120 x 220 x 80 cm (terbuka), cukup untuk dua orang. Sedangkan ukuran tenda yang 180 x 220 x 80 cm (terbuka), cukup untuk tiga orang.

Mangooni Overland, rooftent lokal paling recomended!
Rooftent dari Mangooni. Sumber : tokopedia.mangoonioverland

Untuk tipe 2 person, Mangooni membanderol roof tent mereka seharga Rp 6.300.000. Sedangkan untuk tipe 3 person include matras setebal 6 cm, dibanderol seharga Rp 7.000.000. Tipe 3 person sangat cocok untuk mobil besar seperti 4×4, Fortuner, Nissan Serena, atau Alphard. Sangat cocok untuk camping atau overland.

Toko Online Mangoon Overland : https://tokopedia.link/nmRo5UGqcub (3 person) https://tokopedia.link/2hf4ErOqcub (2 person)

2. Rooftop Tent Car Custom M

Toko online berikut direkomendasikan karena menjadi salah satu seller terpercaya yang menawarkan roof tent custom. Anda bisa sesuaikan ukurannya dengan mobil Anda. Adapun kapasitas yang disarankan oleh penjual, ialah 2-3 orang saja.

Rooftent car custom paling recomended
Rooftop tent car custom M Roofrack Rooftent. Sumber : tokopedia.roofrackrooftent

Namun untuk ukuran dimensi, rooftent di toko ini lebih besar dibandingkan dengan Mangoon Overland, yakni 220 x 140 x 120 (terbuka) dengan berat total kurang lebih 55 kilogram. Bahan tenda dari taslan, rangka alumunium, dengan tangga teleskopik alumunium 2/2,6 meter.

Toko online Rooftop Tent Custom : https://tokopedia.link/vBmTfE2qcub

3. Roof Tent Custom L

Jika roof tent custom M bisa digunakan di segala mobil, roof tent custom L agaknya akan lebih bijak bila digunakan hanya untuk mobil-mobil besar saja. Sebab, roof tent ini bisa digunakan untuk 3-4 orang. Dengan ukuran dimensi sebesar 220 x 160 x 120 (terbuka).

Rooftop Tent Car : Cara Pasang Dan Rekomendasi Toko Online
Roofrack custom L from Roofrack Rooftent. Sumber : tokopedia.roofrackrooftent

Untuk bahan, kelengkapan, serta segala macam penjelasan dari produk ini, sama seperti roof tent custom M. Kedua produk tersebut berasal dari toko yang sama, yakni RoofRack RoofTent.

Toko online Roof Tent Custom L : https://tokopedia.link/K0qyoX7rcub

4. Madlive Overland Rooftent PRO 3P

Madlive Overland mengaku sebagai pembuat rooftent yang menggunakan sunroof busa rolyfoam 5 cm pertama di Indonesia. Bisa dibilang, rooftent produk mereka benar-benar premium bila dibandingkan dengan tiga produk sebelumnya. Bahan tenda kanvas waterproof, dengan ukuran 140 x 240 untuk kapasitas 3 orang.

Rooftop Tent Car : Cara Pasang Dan Rekomendasi Toko Online
Madlive Overland PRO 3P. Sumber : tokopedia.madlive

Toko Online Madlive Overland PRO 3P : https://tokopedia.link/lm6vdH0scub

Nah, itulah ulasan singkat seputar rooftop tent car, cara pasangnya yang benar, serta rekomendasi produk/merk terbaik yang ada di toko online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Baik perorangan maupun jasa paket wisata. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat. Terima kasih.[]

Tinggalkan Balasan