Ini Dia Peluang Bisnis Packaging, Paling Laku!

Meskipun packaging makanan terlihat sepele, namun ternyata salah satu kunci kesuksesan dalam usaha kuliner ialah packaging yang menarik konsumen dan berbeda dari yang lain. Maka dari itu membuka jasa cetak kemasan bisa menjadi pilihan dalam memulai usaha. Karena bila melihat kondisi sekarang, peluang bisnis packanging lumayan menggiurkan.

Pandemi berkepanjangan ini menjadi momen tepat untuk menjajal bisnis packaging, melihat saat COVID-19 ini masyarakat mengurangi intentitas keluar rumah sehingga banyak menyetok makanan kemasan. Alhasil pada masa pendemi sekarang terjadi kenaikan tingkat penjualan makanan kemasan sampai 10%. Bahkan penjualan plastik meningkat sampai 60% atau setara dengan Rp 1,18 triliun.

Dari hal diatas saja sudah dapat tergambar betapa butuhnya masyarakat akan makanan kemasan. Dan makanan kemasan itu sangat memerlukan kemasan makanan itu sendiri. Tepatlah sudah bila memilih bisnis packaging atau kemasan, karena berbagai peluang bisnis packaging akan kita temui nanti saat ada di momen dan di tempat yang tepat.

Packaging makanan kekinian. Sumber: www.eannovate.com
Packaging makanan kekinian. Sumber: www.eannovate.com

Meskipun bentuknya seadanya, usaha packaging ialah usaha yang tidak kalah dengan usaha yang lainnya. Anda dapat menemui usaha satu ini hampir disetiap tempat pembuatan makanan. Memiliki bentuk yang beragam membuat salah satu bentuk packaging hampir mirip dengan pembersih lantai

Berbagai Jenis Packaging Makanan dan Minuman

Bila ditelisik secara mendalam dan teliti, packaging makanan ternyata tidak hanya terbatas pada plastik saja, lebih dari itu packaging makanan memiliki 6 jenis. Hal ini juga terdapat pada packaging minuman yang biasa dihidangkan untuk menemani makanan. Berikut telah kami rangkum berbagai jenis packaging makanan yang rekomended.

1. Kotak Makan Mika

Packaging makanan jenis yang pertama ialah kotak makan mika. Ini merupakan jenis packaging yang selalu menjadi incaran para pemilik usaha kuliner. Karena harganya yang terjangkau, juga bisa menjaga makanan dengan baik tanpa khawatir tumpah menjadikan kotak mika ini dicari banyak orang.

Biasanya kotak makan mika dipakai untuk makanan yang relatif berat semisal nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, bakmi dan masih banyak lagi.

2. Packing Box Mini

Berikutnya ada packing box mini. Ini merupakan packaging yang sedang tren di era sekarang. tidak sedikit para pemilik usaha kuliner mengemas produk mereka dengan kemasan satu ini. Usaha nasi box, roti kekinian, toppoki, pisang kremez dan berbagai makanan kekinian lainnya biasanya menggunakan kemasan ini.

3. Vacuum Bag

Bila Anda membuka usaha bisnis semisal bakso, ikan, seafood, daging, sosis, tempura, kacang-kacangan dan lainnya maka kemasan Vacuum bag sangat cocok untuk produk makanan Anda. salah satu kelebihan kemasan ini ialah mampu menjaga daya tahan makanan hingga cukup lama kadaluarsanya.

Mengenai bahan vacuum bag biasanya menggunakan bahan nylon keda udara, karena itulah mengapa udara tidak dapat masuk ke dalam sebagaimana udara di dalam yang tak bisa keluar.

4. Standing Pouch

Standing pouch, salah satu packaging makanan rekomended. Sumber: jogjaasik.com
Standing pouch, salah satu packaging makanan rekomended. Sumber: jogjaasik.com

Kemasan berikutnya ialah standing pouch. Jenis kemasan satu ini sangat tepat bila dipakai untuk jenis makanan ringan seperti keripik, bungkus kopi hingga ganola. Ini termasuk jenis kemasan yang amat mudah untuk ditemukan. Isi di dalam kemasan ini cenderung tidak mudah tumpah dan takaran atau ukuran produk makanan yang ada dalam kemasan tersebut sangat mudah diketahui.

5. Food Tray Food Pail

Memiliki bentuk mirip seperti mangkuk kubus yang mungil menjadikan kemasan satu ini unik dan menarik. Bila Anda suka mengunjungi food festival maka Anda sudah tidak asing lagi dengan kemasan satu ini, karena food tray & pail biasa dipakai dalam acara demikian.

Salah satu kelebihan kemasan ini ialah sangat mudah bila hendak mengkonsumsi makanan secara langsung. Praktis dan ekonomis menjadi nilai lebih kemasan ini. Tidak heran apabila banyak yang menggunakan ini untuk testing makanan.

Tips Bisnis Packaging Makanan yang Rekomended

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila benar ingin menekuni bisnis satu ini.

1. Melakukan Riset Target Pasar

Semua bisnis yang hendak dibuka idealnya diawali dengan meriset target pasar, dalam hal ini ialah konsumen yang nantinya akan membeli produk kita. Anda bisa melakukan riset dengan pendekatan kultural alias langsung bertemu dan menanyakan kepada masyarakat akan kondisi saat ini, apa yang dibutuhkan, dikeluhkan dan sebagainya.

Dari sana kita dapat mengawali dengan konsep-konsep jual beli yang saling dianut satu sama lain. Meski begitu konsumen perlu juga diketahui dan dikenal secara detail sebelum betul betul membeli produk yang ada. Karena saat ini produk makanan sangat bergantung pada produk kemasan.

Desain menarik konsumen. Sumber: www.pranataprinting.com
Desain menarik konsumen. Sumber: www.pranataprinting.com

2. Material serta Desain yang Menarik

Anda perlu memastikan supaya bahan yang dipakai guna membungkus makanan ialah bahan yang aman untuk kesehatan dan berkualitas. Hal ini supaya penilaian konsumen mengenai produk kita ialah bagus dan berkualitas. Desain sebuah produk juga sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen untuk menjajal sebuah produk makanan.

Selain itu, pemilihan desain juga sebaiknya disesuaikan dengan target pasar alias konsumen yang sedang kita tuju. Bila kita menargetkan konsumennya ialah seorang anak mudah gaul yang kekinian, maka buatlah kemasan yang milenial dan sangat muda. Selain itu, Anda dapat mulai memilih desain yang sesuai dengan produk Anda.

Akhir kata, peluang bisnis packaging sangat menggiurkan terutama dimasa pandemi ini. Banyak sekali hal-hal mengenai kemasan yang perlu kita kulik lebih banyak guna menambah literasi packaging ini. Anda bisa juga membaca artikel kami lainnya mengenai bisnis kaos olahraga dan kelas jalan. Sampai jumpa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply