Mengintip Bagaimana Cara Berbisnis Usaha Furniture di Jogja

Pengertian kata mebel adalah suatu perabot yang diperlukan dan sangat berguna. Barang atau perabot yang dapat dipindah-pindah dan digunakan untuk melengkapi rumah, kantor, dan lain sebagainya.

Karena mebel bisa dikatakan sebagai perlengkapan rumah atau mebel juga bisa diartikan sebagai furniture. Mungkin kebanyakan dari masyarakat mengira bahwa mebel dan furniture mempunyai arti yang sama.

Furniture berasal dari bahasa Inggris sedangkan mebel merupakan arti kata tersebut. Namun banyak juga yang mengira dan bertanya-tanya bahwa mebel dan furniture mempunyai arti yang berbeda.

Selanjutnya apa sebenarnya arti dari mebel dan furniture itu? Mebel dan furniture merupakan alat perabot rumah tangga yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa mebel berasal dari kata movable yang artinya bisa bergerak. Sedangkan kata furniture berasal dari bahasa Perancis yaitu fourniture.

Kegunaan mebel dan furniture

Mebel akan semakin terasa kegunaannya apabila jika ada di rumah. Jika tidak ada kursi anda akan terpaksa duduk berselonjor, tidak ada dipan tidur di lantai dan kedinginan, tidak ada lemari pakaian tergeletak di lantai, tidur dan bekerja juga tidak nyaman, barang-barang berantakan dan anda juga tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam hal.

Kegunaan dari mebel, Sumber: dekoruma.com
Kegunaan dari mebel, Sumber: dekoruma.com

Terasa manfaat mebel atau furniture membuat rumah anda nyaman untuk beristirahat, bekerja, serta membuat rumah anda menjadi lebih rapi. Mebel mempunyai manfaat untuk kenyamanan dan kerapihan sebuah rumah tradisional seperti rumah joglo bangunan yang berbahan dasar kayu ini   atau tempat hunian anda.

Selain itu mebel juga mengusung makna-makna sosial yang menegaskan status sosial. Mebel tidak hanya berguna untuk kerapian dan kenyamanan rumah saja namun mengusung makna sosial yang menegaskan status sosial.

Memang kebanyakan orang memandang kursi hanya untuk tempat duduk semata, tetapi ada juga sebuah kursi yang menegaskan kekuasaan. Kursi itu bisa disebut kursi raja bisa juga kursi direktur, tahta, dan lainnya. Dalam bahasa Indonesia juga dikenal istilah ’’berebut kursi’’.

Karena pada umumnya kursi juga mempunyai arti kekuasaan dan tentunya kursi tahta berlainan dengan kursi yang digunakan untuk sekedar duduk. Mebel minimalis atau podium minimalis juga dapat dikatakan mewah jika bahannya mahal.

Misalnya dari kayu jati berdiameter besar dan berukuran besar. Tanpa berbicara secara verbal, kursi sudah berbicara bahwa pemilik mebel ini merupakan orang kaya.

Cara Memulai Usaha Furniture

Dengan semakin berkembangnya waktu dan zaman, berjualan beraneka ragam furniture untuk perlengkapan rumah adalah peluang usaha yang sangat luar biasa.

Apalagi didukung dengan semakin padatnya penduduk di Indonesia, serta daya kemajuan mereka yang justru semakin konsumtif. Hal ini menjadi celah tersendiri bagi anda yang mulai melirik untuk berbisnis furniture.

Pengusaha furniture, Sumber: seputarfurniture.com
Pengusaha furniture, Sumber: seputarfurniture.com

Berbisnis furniture akan selalu ada. Kebutuhan akan sandang, pangan, serta papan adalah pokok kehidupan manusia. Dibawah ini akan ada tips untuk mengawali bisnis mebel dan furniture diantaranya: 

1. Modal Usaha

Untuk beberapa pebisnis yang baru mengawali usaha dalam bidang furniture ini mungkin sedikit merasa kesulitan, terlebih karena tidak ada pengalaman sama sekali dalam bidang furniture.

Berbeda jika seseorang yang memang sedikit banyak memiliki pengalaman dalam bidang furniture ini. Namun, tidak ada kata terlambat dalam mencoba segala sesuatu. Terlebih mencoba dalam hal usaha.

Modal usaha bisnis ini bisa anda sesuaikan. Jika tidak punya uang, cobalah untuk menjadi reseller atau sales furniture. Ini akan memberi anda pengalaman, networking, dan tentu saja uang kas.

2. Lokasi strategis

Dalam memulai karir sebagai pengusaha furniture maka yang sangat perlu anda pikirkan setelah modal dalam memulai usaha adalah tempat yang strategis. Anda bisa menyewa tempat strategis hanya untuk display, tidak perlu luas yang penting elegan dan terkesan pas untuk calon konsumen.

Gudang dan tempat produksi tidak harus di tempat yang strategis. Namun, apabila anda menyewa tempat yang cukup luas, maka menjadi nilai plus karena, akan berpengaruh pada minat pembeli dalam mengenal serta berkunjung di tempat usaha furniture anda.

Selain itu, tempat yang ramai dan lebih kepada lokasi sekitar perkotaan adalah tempat yang cocok untuk memulai usaha furniture ini. Dengan tempat yang ramai akan lalu lalang orang, maka toko anda akan mulai dikenal serta dikunjungi para calon-calon konsumen anda. 

3. Target Pasar

Sekarang anda wajib memilih target pasar. Jika target dalam pemasaran adalah kaum yang berduit tebal. Lokasi yang tepat adalah di jalan protokol yang sering dilewati mobil. Bahan bakunya pun harus kualitas bagus dan benar-benar sudah jadi. 

4. Bahan Baku

Selanjutnya gunakan bahan baku yang sesuai target pasar anda. Sesuaikan dengan keahlian dan harga yang ingin ditawarkan ke pembeli. Sedikitnya ada 3 jenis bahan baku yang banyak dipakai di Indonesia diantaranya: 

Bahan dasar kayu, Sumber: waterbasecoating.com
Bahan dasar kayu, Sumber: waterbasecoating.com
a. Medium Density Fibreboard

Pernahkah melihat meja belajar dari merk terkenal? bahannya dibuat dibuat dari serbuk gergaji kayu yang dipadatkan lalu dilapisi lempengan kayu tipis dan halus. Ini adalah pilihan bagus dan murah untuk produksi masal.

b. Rotan

Bahan satu ini sedang naik daun di pasaran internasional. Indonesia pun kaya akan bahan ini. Namun, anda perlu melakukan pelatihan khusus karena tidak semua orang bisa mengolah rotan.

c. Kayu

Ini adalah bahan yang banyak diminati publik. Bentuknya yang elegan juga menunjukkan harganya yang mahal.

5. Penjualan dengan online

Bergeraklah pada pasar online atau dengan internet marketing yang merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangn hubungan dengan pelanggan melalui media internet. Contohnya anda biasa memasarkannya melalui media sosial atau bisa menggunakan jasa SEO untuk bisa meningkatkan penjualan produk anda.

Demikian artikel yang dapat disampaikan dengan bertema bagaimana cara berbisnis usaha mebel di jogja. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membawa manfaat bagi pembaca.

Leave a Reply