Peluang usaha di bidang otomotif

10 Peluang Usaha Otomotif Yang Menjanjikan, Layak Dicoba

Bagi Anda yang menyukai atau hobi di bidang otomotif, Anda bisa mengembangkan hobi dan minat sehingga menghasilkan pundi-pundi uang. Seiring berjalannya waktu, teknologi di bidang otomotif akan terus berkembang dan jumlah volume kendaraan akan semakin bertambah. Hal tersebut akan memperbesar peluang usaha otomotif.

Mungkin sebelumnya Anda sekolah atau kuliah di bidang otomotif, lalu setelah lulus Anda mengaplikasikannya di dunia kerja atau di dunia usaha. Untuk memilih usaha yang sesuai, Anda juga harus menyesuaikan dengan keahlian dan passion yang dimiliki. Namun setiap usaha yang berbeda tentu membutuhkan keahlian dan passion yang berbeda juga meskipun sama-sama di bidang otomotif.

Lalu di dalam memilih sebuah peluang usaha yang tepat, Anda juga harus menyesuaikan dengan potensi dan juga passion yang dimiliki. Meskipun sama-sama di bidang otomotif, namun setiap usaha yang berbeda tentu membutuhkan keahlian dan passion yang berbeda pula.

10 Peluang Usaha Otomotif Menjanjikan

Peluang usaha di bidang otomotif sangatlah banyak, pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan keahlian dan passion Anda. Supaya tidak salah dalam memilih bidang usaha, berikut ulasan mengenai peluang usaha otomotif yang dapat dipertimbangkan.

Peluang usaha di bidang otomotif
Peluang usaha di bidang otomotif. Sumber Bisnisan.id

1. Usaha Bengkel Motor dan Mobil

Usaha otomotif yang pertama yaitu membuka bengkel motor atau mobil. Hal ini jelas menjadi peluang besar karena faktanya, kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat keatas jumlahnya semakin bertambah. Bahkan dalam sebuah daerah yang terdapat banyak bengkel bisa saja ramai pengunjung.

Hal tersebut menandakan bahwa jumlah bengkel dan kendaraan masih belum seimbang, bengkel yang tersedia masih kurang dari jumlah kendaraan, termasuk bengkel alat berat. Anda akan lebih mudah memasarkan usaha Anda jika mendirikan bengkel di daerah yang tidak banyak pesaingnya.

2. Usaha Steam Motor dan Mobil

Selanjutnya selain usaha membuka bengkel, Anda juga bisa membuka usaha steam motor dan mobil. Saat ini sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraannya untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Secara otomatis steam motor dan mobil menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Carilah lokasi yang strategis untuk membuka usaha steam ini, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau agar para calon pelanggan mudah untuk menuju lokasi steam. Anda tidak perlu modal yang besar untuk membuka usaha steam, hanya perlu modal utama sekali untuk tempat dan alat. Setelah itu hanya perlu modal kecil untuk membeli sabun dan sejenisnya.

3. Menjual Sparepart Motor dan Mobil

Peluang usaha otomotif selanjutnya yaitu berjualan sparepart motor dan mobil. Sebenarnya usaha jual sparepart sering dijalankan dengan usaha bengkel. Tapi Anda dapat menjalankannya secara terpisah.

Anda bisa menjual sparepart secara lengkap, pastinya akan membuat pembeli yang datang merasa puas karena kelengkapan toko sparepart. Untuk memenuhi kelengkapan toko sparepart Anda bisa menjalin kerjasama dengan supplier sparepart otomotif hingga toko aki dan sejenisnya yang memiliki skala bisnis lebih besar agar mendapatkan harga yang spesial.

4. Usaha Showroom Sepeda Motor 

Usaha selanjutnya mungkin memerlukan dana yang cukup besar. yaitu dengan mendirikan showroom sepeda motor. Anda memiliki peluang usaha, yaitu menjual kendaraan motor baik baru maupun bekas.

Sangat disarankan untuk menjalin waralaba dengan merek sepeda motor tertentu jika Anda berencana untuk membuka showroom motor baru. Misalkan saja menjalin kerjasama waralaba dengan merek sepeda motor seperti honda, yamaha, dan suzuki. Karena sistem waralaba tentu akan menghemat lebih banyak uang. Selain itu, Anda dapat memperoleh update terus menerus jika ada keluaran motor terbaru.

5. Usaha Showroom Mobil

Selain itu, Anda dapat membuka showroom mobil. Dengan kata lain, menjual mobil secara langsung kepada pelanggan. Sistem usahanya hampir sama dengan showroom sepeda motor. Bedanya produk yang di jual adalah mobil, baik baru maupun bekas.

Saya yakin Anda akan berhasil dalam usaha ini asalkan pandai dalam marketing. Karena masyarakat terus berkembang dan semakin banyak orang yang mampu membeli mobil. Anda dapat mencari lokasi di kota yang masih bekembang untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan cari celah di mana tidak banyak penjual mobil. Karena banyak orang yang membeli mobil baru di kota yang lebih maju.

Peluang usaha otomotif membuka showroom mobil
Peluang usaha otomotif membuka showroom mobil. Sumber Istockphoto

6. Usaha Pengecatan Motor dan Mobil

Anda juga dapat memulai usaha pengecatan mobil dan motor. Jika Anda memiliki keahlian dan minat dalam hal ini, Anda akan dapat mencapainya. Selain itu, masyarakat juga sangat membutuhkan jasa ini. Banyak orang yang biasanya mengecatkan body maupun mesin untuk motor dan mobil mereka yang sudah usang dan sejenisnya atau untuk keperluan kontes.

Jika Anda ingin menjalankan usaha ini, itu jelas. Anda diharuskan untuk dapat bergabung dengan komunitas tertentu. Misalkan klub mobil atau klub motor. Karena dengan cara tersebut, semakin mudah untuk menemukan klien yang tepat untuk layanan Anda.

7. Jasa Pengurusan Surat Kendaraan

Peluang usaha otomotif yang ketujuh adalah dengan membuka layanan pengurusan surat kendaraan. Dalam masyarakat umum, disebut Biro Jasa. Biro jasa bisa meliputi kendaraan sepeda motor atau mobil.

Cara untuk memulai usaha ini Anda harus tahu bagaimana alur untuk pengurusan perpanjangan surat-surat, seperti STNK dan BPKB, mutasi plat nomor, dan lain sebagainya. Usaha yang satu ini sangat populer di masyarakat, karena banyak orang memilih untuk menggunakannya karena mereka tidak sempat mengurus surat-surat mereka sendiri.

8. Usaha Salon dan Modifikasi Mobil

Banyak pecinta mobil yang tergabung dalam klub yang akan melakukan salon dan modifikasi mobil mereka. Hal tersebut menjadi peluang usaha bagi yang mampu melakukannya. Ada kemungkinan bahwa Anda adalah salah satu individu yang memiliki kemampuan untuk melakukan modifikasi dan salon mobil.

Pemasangan film kaca mobil, perubahan pada body mobil, dan pengecatan adalah contoh-contoh pekerjaan di usaha ini. Jika ingin berhasil dalam usaha ini, Anda harus mencoba memasarkan di klub mobil tertentu karena mereka sering mengupdate modifikasi mobil.

9. Usaha Rental Mobil dan Motor

Peluang usaha selanjutnya yaitu usaha rental sepeda motor atau rental mobil. Cara untuk menjalankan usaha ini yaitu dengan memiliki armada yang akan disewakan. Contoh untuk jenis bisnis ini sudah sangat menjamur di berbagai kota besar. Mulai dari sewa mobil Jogja sampai dengan sewa mobil Padang.

Di dekat tempat wisata tertentu, sewa sepeda motor menjadi pilihan yang bagus. Untuk rental mobil bebas, yang terpenting adalah banyak orang yang mengetahui layanan yang Anda miliki. Sampai saat ini, ada banyak orang yang membutuhkan rental mobil. Terutama bagi masyarakat yang belum memiliki mobil untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Rental motor juga menjadi peluang usaha di bidang otomotif
Rental motor juga menjadi peluang usaha di bidang otomotif. Sumber Lifepal

10. Jasa Transportasi atau Antar Jemput

Yang ke terakhir adalah mendirikan usaha yang menyediakan layanan transportasi atau jemputan. Selain itu, usaha ini masih memiliki prospek yang baik untuk saat ini. Yang paling penting adalah kemampuan Anda untuk menggunakan rute transportasi tertentu.

Silahkan bekerja sama dengan lembaga atau instansi tertentu untuk memaksimalkan usaha ini. Misalkan bekerja sama dengan pabrik untuk mengantarkan karyawannya ke tempat kerja, atau bekerja sama dengan sekolah untuk memfasilitasi antar jemput siswa dan lembaga lainnya.

Itulah beberapa peluang usaha otomotif yang dapat Anda pertimbangkan. Yang terpenting yaitu dengan menyesuaikan keahlian dan passion yang paling memungkinkan Anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan