Destinasi Wisata di Jogja Ini Ternyata Angker, Yuk Kita Lihat

Jika kita ketempat wisata dimanapun itu, kita pasti akan menjumpai tempat yang indah, penuh dengan pengunjung dan pasti suasananya ramai. Baik di wisata budaya, wiata alam atupun tempat wisata lainnya.

Gedung Bank BNI Jogja. Sumber IG @primabunz

Tetapi ada beberapa tempat wisata di Jogja mempunyai cerita horor dan menyeramkan. Berbagai tempat wisata yang angker tersebut menyimpan beberapa cerita masa lalu. Hal ini bisa kita ketahui dari rumor yang beredar di masyarakat. Kita mungkin belum menyelami tempat wisata itu dengan detail di beberapa sudutnya. Atau kita mendatangi tempat wisata itu di siang hari sehingga tidak ada kesan angker di tempat wisata tersebut.

Jogja merupakan kota yang meyimpan segudang cerita. Dari rumor yang beredar di masyarakat terdapat berbagai cerita hantu yang ada di berbagai sudut kota Jogja. Tak terkecuali tempat yang menjadi tujuan wisata.

Beberapa tempat wisata berhantu di Jogja.

Goa Jepang kaliurang

Tempat wisata yang satu ini berada di lereng gunung merapi. Disana terdapat tempat sewa mobil Jogja yang menyediakan mobil jenis Jeep. Tempat wisata angker di Kaliurang adalah goa jepang. Dikisahkan bahwa goa yang didirikan oleh serdadu Jepang saat penjajahan itu digunakan untuk menyiksa para tahanan.

Dari cerita yang beredar di masyarakat, di kompleks goa ini jika malam hari sering terdengar suara eriakan minta tolong, suara megerang dan menangis kesakitan. Dan disinyalir suara itu berasal dari arwah para tahanan yang menemui ajal ketika disiksa di tempat itu. Seram ya..

Wisma Tamansiswa Kaliurang

Masih di objek wisata Kaliurang, kali ini kita akan melihat bangunan tua peninggalan Belanda. Bangunan yang sudah tidak di gunakan sejak tahun 1994 karena erupsi ini masih berdiri kokoh. Dengan bentuk bangunan bergaya khas eropa, bangunan ini sering menjadi latar belakang dalam berfoto ria. Banguna yang berdiri di Sultan ground ini dimiliki  oleh Yayasan Perguruan Taman siswa. Sekolah tama siswa sendiri merupakan sekolah keguruan tertua yang masih berdiri kokoh di tengah berkembangnya sekolah sekolah pariwisata dan sekolah teknik lainnya.

Dari cerita yang beredar, sering terjadi peampakan noni bBelanda di dalam bangunan itu. Dengan kondisi bangunan yang telah lama dibiarkan kosong dan ditumbuhi semak belukar di sekitarnya menambah suasana yang menyeramkan. Sayang sekali bangunan seindah ini dibiarkan terbengkalai

Wisma Tamansiswa. Sumber IG @dopiknikjogja

Gedung tua di pusat kota Jogja.

Kita pasti belum tahu kalau di hiruk pikuknya pusat kota Jogja terdapat beberapa tempat yang angker dan menyeramkan. Dan bangunan yang mejadi cagar budaya dan tujuan wisata tersebut menyimpan segudang misteri.

Bangunan tua yang berada di pusat kkota Jogja yang dimaksud adalah Kantor Pos Besar Jogja, benteng Vredeburg dan Gedung Bank BNI di sebelah barat gedung Kantor Pos. Dari kesaksian yang pernah bekerja di tempat itu terutama gedung Bank BNI, karyawan yang bekerja lembur di gedung itu sering diganggu dengan berbagai fenomena. Yang sering di perlihatkan adalah sosok saeseorang wanita Belanda dan suara suara aneh. Padahal kalau kita lihat arsitektur bangunan itu tampak sangat megah di masanya dan indah.

Pantai Parangtritis

Parangtritis menyimpan berjuta misteri. Dibalik ombaknya yang menggulung dan garis pantainya yang luas, pantai Parangtritis ternyata bagi sebagian orang terutama masyarakat Jawa merupakan tempat bersemayamya penguasa laut selatan. Penguasa sebangsa jin denga rupa wanita cantik ini bernama Nyi Roro Kidul. Konon orang yang hanyut tergulung ombak di pantai Parangtritis jika tidak ditemukan maka sama artinya jasadnya dan jiwanya diminta oleh Nyi Roro Kidul.

Selain itu pengunjung yang datang ke pantai Parangtritis dilarang memakai pakaian yang memiliki warna hijau.  Hal ini menurut penuturan warga setempat dapat mengundang amarah dari penguasa pantai selatan Jawa ini.  

Meskipun teknologi dan penyebaran dan pendidikan agama berkembang di berbagai tempat di nusantara akan tetapi kisah hantu dan berbagai cerita mistis masih saja berkembang. bahkan akhir akhir ini yang populer di dunia maya adalah ngevlog di tempat angker.

Leave a Reply